Lebanon Akan Terjadi Pemadaman Listrik Akhir September

Salah satu pemandangan di Kota Beirut, Lebanon / Pixabay
Salah satu pemandangan di Kota Beirut, Lebanon / Pixabay

AKURATNEWS – Perusahaan listrik negara Lebanon, EDL mengatakan akan melakukan pemadaman total di seluruh negeri pada akhir September ini.

Pemadaman dilakukan karena cadangan bahan bakar minyak negara telah berkurang.

Lebanon, tengah mengalami pergolakan ekonomi besar dan semakin terpuruk dalam sejarah modern.

Kini Lebanon juga harus menghadapi kekurangan bahan bakar yang memburuk selama beberapa bulan terakhir dengan sebagian besar orang Lebanon mengandalkan generator swasta untuk listrik.

‘’Perusahaan dapat menghasilkan kurang dari 500 megawatt dari bahan bakar minyak yang diperoleh melalui kesepakatan dengan Irak,’’ katanya dalam sebuah pernyataan dilansir dari Arab News, Jum’at, 24 September 2021.

Menurut pernyataan itu, cadangan bahan bakar minyak Grade A dan Grade B telah mencapai titik kritis dan sudah habis untuk beberapa pabrik yang sekarang telah menghentikan produksi mereka.

‘’Jaringan sudah mengalami pemadaman total di seluruh negeri tujuh kali dan jika ini terus berlanjut, ada resiko tinggi mencapai pemadaman total pada akhir September nanti,’’ ucap pernyataan itu.

EDL menganggap bank sentral Lebanon bertanggung jawab karena tidak mengamankan dollar dengan imbalan ‘’surplus mata uang local yang terakumulasi dalam rekening perusahaan untuk menghasilkan listrik’’.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Redaksi
Photographer: Istimewa

Baca Juga