Lebih Cintai Diri, Lima Aplikasi Ini Bantu Jaga Kesehatan Mental

Jakarta, Akuratnews.com - Masyarakat saat ini, khususnya generasi milenial dan gen Z semakin terbuka dengan masalah kesehatan mental.

Bila dulu masih dianggap tabu, kini masyarakat dan anak-anak muda bisa secara gamblang berdiskusi mengenai persoalan ini.

Di media sosial pun, netizen saling berbagi pengalaman tentang kesehatan mental mulai dari terbuka mengenai kondisi dan cara menanganinya. Terlebih di masa pandemi yang sangat terasa menguras mental, sangat penting menjaga diri agar tetap waras.

Sejak keterbukaan ini, masyarakat jadi berani mendatangi profesional seperti psikolog atau psikiater untuk mengatasi masalah mental mereka. Hanya saja, beberapa orang masih tertanam rasa takut, malu dan tabu bila hendak mendatangi profesional meski mereka ingin.

Meski begitu, di zaman teknologi yang semakin canggih ini ada banyak aplikasi khusus membantu penanganan masalah kesehatan mental.

Berikut lima aplikasi untuk membantu menjaga kesehatan mental yang dirangkum dari pondband.net.

1. SuperBetter

Aplikasi SuperBetter hadir dalam konsep game yang mampu meningkatkan fokus, optimisme dan motivasi hidup. Aplikasi ini disebut-sebut mampu memperbaiki suasana hati, mengatasi kecemasan dan stres.

Aplikasi ini juga membantu pengguna meningkatkan kepercayaan diri. SuperBetter sangat tepat digunakan oleh pengguna yang menderita gangguan kejiwaan dan trauma.

2. Moodpath

Sesuai dengan namanya, aplikasi Moodpath membantu pengguna membangun dan mengembalikan mood menjadi lebih baik. Aplikasi ini akan memberikan beberapa pertanyaan untuk menganalisis tingkat kebahagiaan.

Aplikasi Moodpath akan memberikan hasil dalam dua minggu mengenai kondisi kesehatan mental penggunanya. Hasil ini bisa menjadi rujukan bila membutuhkan bantuan profesional.

Moodpath juga menyediakan ratusan video psikolog agar pengguna lebih memahami perasaannya sendiri.

Aplikasi ini cocok digunakan oleh penderita depresi. Sayangnya, aplikasi moodpath tak bisa digunakan oleh pengguna iOS.

3. Headspace

Aplikasi headspace membantu pengguna untuk bisa meningkatkan kreatifitas berjalan dengan baik. Aplikasi ini dapat membuat pikiran penggunanya tetap segar, mengurangi stres dan membantu membangun hubungan dengan orang lain.

Aplikasi ini diklaim mampu membuat konsentrasi dan fokus meningkat dalam waktu tiga minggu. Aplikasi headspace cocok digunakan oleh pengguna yang sulit fokus dan konsentrasi.

4. Calm

Aplikasi Calm dapat membantu pengguna menangani gangguan kecemasan dan membuat tidur semakin nyenyak. Lewat aplikasi ini, pengguna dapat melakukan meditasi, mendengar musik-musik terapi dan cerita pengantar tidur.

Setelah menggunakan aplikasi ini, pengguna akan lebih hidup dalam kebahagiaan, ketenangan dan rileks. Calm sendiri menjadi aplikasi populer yang pernah mendapat predikat App of the Year dari Apple.

5. Pacifica

Aplikasi Pacifica membantu pengguna berhenti mengulang kebiasaan dan pemikiran buruk dengan metode meditasi dan relaksasi. Aplikasi ini juga membantu pengguna memahami kecemasan dan stres.

Tak hanya itu, aplikasi Pacifica juga menyediakan pembelajaran setiap hari lewat audio untuk mencegah stres dan kecemasan lainnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga