Lebihi Target, TMMD Nunukan Berhasil Bangun Jalan Desa Binusan Dalam

AKURATNEWS - Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 oleh Kodim 0911/Nunukan yang dilaksanakan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) mampu membuka badan jalan, bahkan melebihi target yang sebelumnya 1.000 meter menjadi 1.850 meter.

Agar jalan tersebut bisa bertahan lama, Satgas TMMD dibantu warga dan alat berat, langsung membuatkan parit di kiri kanan jalan tersebut.

"Parit juga kita buatkan langsung mengingat ini merupakan salah satu syarat agar jalan bisa bertahan lama dan terawat," jelas Dandim 0911/Nunukan sekaligus Dansatgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Letkol Czi Eko Pur Indriyanto, Jumat (2/7).

Sementara warga desa mengaku tak sabar ingin segera bisa menggunakan jalan baru tersebut, sehingga tak perlu bersusah-susah payah lagi lewat jalan yang jika hujan penuh lumpur dan dipenuhi semak.

"Sekarang sudah pengerasan jalan dengan batu-batu diturunkan dari truk, warga sudah tidak sabar untuk bisa melalui jalan baru tersebut agar bisa beraktivitas dengan mudah," kata Ketua RT 11 Desa Binusan Dalam, Sappe.

"Saya sangat senang dan bersyukur sekali dengan adanya jalan baru yang dibangun personel Satgas TMMD ini bisa sangat membantu dan mempermudah dalam aktivitas kami," tambah warga Binusan Dalam, Asmin Khaidar, yang rumahnya tengah direhab Satgas TMMD.

Diakui Asmin, warga kini mulai menikmati hasil dari kegiatan TMMD ke 111 yang dikerjakan Satgas TMMD bersama warga.

"Saya ucapkan terima kasih untuk bapak tentara," ungkap Asmin.

Untuk diketahui, Desa Binusan Dalam merupakan desa persiapan yang akan segera didefinitifkan menjadi Desa baru, pecahan dari Desa Binusan Kecamatan Nunukan, Kaltara ini memiliki 7 RT yang dihuni 1.834 jiwa dan 476 Kepala Keluarga (KK). Sementara di RT 11 Desa Binusan Dalam terdapat 300 jiwa yang tinggal.

Dalam kegiatan kali ini, TMMD Kodim 0911/Nunukan tengah menggarap sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan 1.850 Meter x 6 Meter, Pembangunan 4 plat duiker dengan ukuran 1,5 x 6 meter serta sasaran tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak lima unit.

Untuk sasaran non fisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV /AIDS), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid 19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu PTM.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga