Lettu Laut (PM) Suherman Ajak Murid SMAN 1 Bungku Daftar Caba PK TNI AL

Bungku, Akuratnews.com - Jajaran Pos TNI AL Morowali melaksanakan sosialisasi pendaftaran Calon Bintara Prajurit Karir (Caba PK) TNI AL di SMAN 1 Bungku, Kelurahan Tofoiso, Kecamatan Bungku Tengah, Kabupaten Morowali, Sabtu (22/2/2020).

Melalui sosialisasi tersebut, Komandan Pos (Danpos) TNI AL Morowali, Lettu Laut (PM) Suherman mengajak siswa dan siswi kelas XII SMAN 1 Bungku untuk mendaftar sebagai Caba PK pada gelombang pertama tahun 2020.

"Sasaran kita adalah, adik-adik kelas XII, karena tidak lama lagi akan lulus. Dan sosialisasi kali ini, ada sebanyak 265 peserta yang terdiri dari 65 siswa dan 200 siswi," kata Lettu Laut (PM) Suherman.

Suherman menambahkan, hal-hal yang disosialisasikan berkaitan dengan TNI AL. Baik, soal tata cara pendaftaran TNI AL, berbagai pengetahuan yang dipersiapkan untuk mengikuti test dan pemutaran video profil TNI AL serta tanya jawab.

"Perlu saya tegaskan, dalam proses pendaftaran Caba PK TNI AL tidak dipungut biaya," ungkap Danpos TNI AL, Lettu Laut (PM) Suherman.

Menanggapi pertanyaan seputar sistem pendaftaran Caba PK TNI AL, Suherman menyebut, pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui website
al.rekrutmen-tni.mil.id dan kemudian melakukan regristasi ulang di Pangkalan TNI AL terdekat untuk pengecekan berkas.

"Kemudian, dilanjutkan dengan pengarahan dari tim werving atau panitia penerimaan. Setelah melakukan test, dilanjutkan dengan mengikuti dasar militer selama 5 bulan, dikjur atau pendidikan kecabangan selama 6 bulan," tutur Suherman.

Sosialisasi kali ini, siswa dan siswi sangat antusias. Bahkan, Kepala SMAN 1 Bungku, Siti Rabiah Laonu, S.Pd, M.Pd sangat mengapresiasi dan berharap kelak anak muridnya bisa bergabung menjadi prajurit TNI AL.

"Apa yang dilakukan Pos TNI AL Morowali, adalah pertama kali di SMAN 1 Bungku. Belum ada instansi yang mensosialisasikan tatacara penerimaan menjadi Aparat Negara," tandas Siti Rabiah Laonu, S.Pd, M.Pd.

Penulis: Wardi Bania

Baca Juga