Lidik Korupsi Oven Mandek, Polres Muna Berkilah Telah Ditindak Lanjuti Oleh Kejaksaan

Gedung Instalasi UPT Sentra Furniture dan Ruang Kosong Yang Seharusnya Menjadi tempat Oven Pengering Kayu Desa Bangunsari Oleh CV Mondolalo
Gedung Instalasi UPT Sentra Furniture dan Ruang Kosong Yang Seharusnya Menjadi tempat Oven Pengering Kayu Desa Bangunsari Oleh CV Mondolalo

AKURATNEWS - Dugaan tindak pidana Korupsi kasus pengadaan Oven pembakar kayu yang di adakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra), pada tahun 2017 lalu, yang berada di Desa Bangunsari Kecamatan Lasalepa, kini seperti ditelan bumi tak berbekas. Kasus tersebut di duga mandek di Kepolisian Daerah (Polda) Sultra Polres Muna.

Proyek pengadaan itu dilaksanakan oleh CV Mondolalo dengan mengunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2017 yang besarannya Rp 132.088.000.

Proyek itu pelaksanaannya bersama dengan pembangunan Gedung Instalasi UPT Sentra Furniture dengan angaran Rp 1.275.000.000 dengan asal anggaran yang sama di tahun yang sama.

Kasus itu pun dinyatakan fiktif hingga saat ini, karena sejak di adakannya pada tahun 2017 lalu dan dalam pelaksanaan pengadaannya menyebrang di tahun 2018 serta anggarannya pun sudah cair 100 persen.

Oven pengering kayu itu tidak dalam Gedung Instalasi UPT Sentra Furniture. Gedung itu pun sampai hari ini tidak dapat dimanfaatkan oleh pengrajin kayu yang ada di Desa Bangunsari.

Atas dugaan kasus tersebut, pada Kamis (7/10/2021), Kelompok masyarakat yang mengatas namakan diri mereka Gerakan Rakyat (Gerak) Sultra melakukan aksi Demonstrasi dari Kejaksaan Negeri (Kejari) hingga ke Polres Muna.

Kasus itu mereka indikasikan bahwa kedua lembaga peneg hukum di Muna itu melakukan diskriminasi dalam penegakan hukumnya.

Padahal kasus tersebut, pada tahun 2018 lalu ,Polres Muna telah mulai melakukan penyelidikan hingga pada tanggal 28 Agustus 2019 Kapolres Muna yang saat itu dijabat oleh AKBP Agung Ramos Paritogan Sinaga telah mempublikasikannya melalui media daring di Muna dan menyatakan kasus tersebut telah dilidik.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Zainal Arifin

Baca Juga