oleh

Lima Parpol Besar Absen di acara Deklarasi Damai

Depok, Akuratnews.com – Lima Partai Politik (Parpol) besar seperti Gerindra, PKS, PAN, Golkar dan PDIP yang ada di Kota Depok, Jawa Barat dinilai tidak mendukung upaya terciptanya situasi damai pada gelaran Pemilu 2019 nanti.

Sebagai penyelenggara acara deklarasi damai, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Depok juga dianggap gagal lantaran tidak mampu memaksimalkan tingkat kehadiran peserta deklarasi damai. Terlebih, yang absen merupakan Parpol besar.

Lembaga Swadaya Masyarakat Komite Aksi Pemberantasan Organ Korupsi (LSM Kapok) menilai, acara deklarasi Pemilu damai itu harusnya bisa jadi moment penting bagi para elite Parpol untuk proses penyelenggaraan Pemilu nanti.

“Jadi sangat penting. Klo tidak hadir bisa jadi para elite Parpol itu tak ingin pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan damai,” kata Ketua Umum LSM Kapok, Kasno saat dihubungi Akuratnews.com, Senin (26/11/2018).

Menurut Kasno, pihak Bawaslu gagal sukseskan acara tersebut secara penuh meski regulasi yang dilakukan Bawaslu sudah benar.

“Jangan-jangan kalau nanti ada kerusuhan, aktor intelektualnya para elit Parpol tersebut lagi,” ujarnya.

Terkait itu, Ketua Bawaslu Kota Depok, Luli Barlini membenarkan absennya beberapa Parpol pada acara yang digelar pihaknya di Greend Depok City (GDC) Minggu (25/11/2018). Meski begitu, dirinya bisa memaklumi.

“Yang absen ada beberapa tidak perlu disebutkan satu per satu. Karena hari Sabtu dan Minggu memang jadwal padat kampanye peserta Pemilu, tatap muka maupun pertemuan terbatas. Jadi bisa dimaklumi,” ungkapnya.

Sebenarnya, lanjut Luli, salah satu substansi acara itu adalah kegiatan Bawaslu menyapa dimana semua pengawas pemilu turun ke masyarakat memberikan sosialisasi dan edukasi mengenai Pemilu 2019.

Perihal adanya penilaian minor terhadap penyelenggaraan acara deklarasi damai, Luli menganggap sah-sah saja karena semua orang bebas menilai. Karena pihaknya juga mengundang lebih dari satu kali dan pihaknya pun tidak bisa memaksa.

“Yang pasti Bawaslu berupaya selalu mengajak setiap elemen stakeholder dalam pemilu 2019 termasuk peserta Pemilu (parpol) untuk sama-sama menjaga agar pemilu ini bersih dan berintegritas. Dan alhamdulillah acara lancar dan sukses,” pungkasnya. (Eko)

Loading...

Komentar

News Feed