Lionel Messi Penentu Kemenangan Barcelona

Madrid, Akuratnews.com  - Lionel Messi menjadi penentu kemenangan Barcelona. Adalah gol sontekan kaki kiri Messi yang membuat Atletico Madrid harus menelan kekalahan 1-2 (0-0) di laga big-match La Liga pekan ke-24 yang berlangsung di Vicente Calderon, Minggu (26/2/2017) sore waktu setempat.

Dengan hasil ini, kemenangan untuk ke-16 kalinya membawa Barcelona naik ke puncak klasemen sementara dengan jumlah 54 poin atau unggul 2 angka dari Real Madrid yang mengantongi 2 partai sisa. Sementara, kekalahan kelima kalinya ini kian memupus peluang Atletico bersaing di jalur juara dan tetap tertahan di peringkat keempat dengan jumlah 45 poin.

Setelah di awal babak pertama sempat ditekan Messi dkk, Atletico yang mengandalkan Antoine Griezmann dan Kevin Gameiro mulai menerapkan pressure tingkat tinggi. Barcelona kewalahan. Sayang, sejumlah peluang bagi Atletico gagal menghasilkan gol termasuk peluang emas Griezmann di menit ke-27 yang ditip kiper Marc-Andre ter Stegen.

Dalam 15 menit akhir babak pertama, giliran Barcelona yang mengendalikan irama permainan. Diawali dengan sepakan bebas Messi yang dengan luar biasa dapat ditip kiper Jan Oblak. Pun demikian dengan upaya Gerard Pique dua menit jelang turun minum.

Di babak kedua, Barcelona tancap gas. Tiga menit berlalu, Luis Suarez membuang peluang emas. Sepakannya dari jarak dekat justru ngawur melenceng. Atletico mencoba membalas. Namun, upaya Griezmann tak membuat Ter Stegen kewalahan.

Di menit ke-64, Barcelona unggu l1-0 lewat gol sontekan Rafinha. Gol ini bermula dari upaya Luis Suarez. Tendangannya dapat diblok Diego Godin. Bola liar disambar Rafinha dan gagal diselamatkan kiper Oblak.

Namun, keunggulan Barcelona tak bertahan lama. Enam menit kemudian, sundulan tipis Godin meneruskan tendangan bebas Koke meluncur di atas kepala kiper Ter Stegen. Skor 1-1.

Sayangnya, setelah gol ini tekanan Atletico menurun drastis. Sebaliknya, Barcelona perlahan kembali menguasai irama permainan. Dan kelengahan barisan belakang Atletico harus dibayar mahal saat laga memasuki menit ke-86.

Terjadi kemelut di depan gawang Atletico setelah tembakan Messi yang menerima umpan dari Suarez dapat diblok bek Stefan Savic. Apes bagi Atletico. Bola rebound lebih cepat disambar Messi ketimbang kiper Oblak. Skor 1-2 untuk Barcelona.

Susunan Pemain:

Atletico (4-4-2):
Jan Oblak; Sime Vrsaljko, Stefan Savic (KK), Diego Godin, Filipe Luis; Saul Niguez (KK), Koke, Gabi (KK), Yannick Ferreira-Carrasco (Fernando Torres); Antoine Griezmann, Kevin Gameiro (Angel Correa, KK).

Barcelona (3-4-3):
Marc-Andre ter Stegen; Jeremy Mathieu (Lucas Digne), Samuel Umtiti, Gerard Pique; Sergi Roberto (Andre Gomes), Andres Iniesta (Ivan Rakitic), Sergio Busquets (KK), Rafinha; Neymar, Luis Suarez, Lionel Messi (KK).

Wasit: Miguel Mateu Lahoz.

Penulis:

Baca Juga