Listrik Padam di Sejumlah Wilayah Jabodetabek

Ilustrasi - Listrik Padam
Ilustrasi - Listrik Padam

Jakarta, Akuratnews.com - Menteri BUMN Erick Thohir turun langsung mengecek langsung upaya penormalan kembali layanan listrik di Jabodetabek akibat hujan deras yang disertai petir pada Minggu (1/11/2020) siang.

"Hujan deras disertai petir yang terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya, menyebabkan sejumlah saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) mengalami gangguan pada pukul 12.58 WIB," kata Erick lewat keterangan tertulis.

"PLN mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian pelanggan terutama di wilayah Jakarta Timur, Tebet, Mampang, Kebayoran, Ancol, Kemayoran, Angke," ucap Erick.

Saat ini, katanya, secara bertahap PLN akan melakukan penormalan dengan memindahkan beban listrik ke jaringan lainnya.

Tim tengah melakukan upaya pengecekan dan upaya perbaikan untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan.

"Proses penormalan terus dilakukan, Kami akan segera memberitahukan setiap perkembangan terkait proses recovery tersebut," ucap Erick.

Adapun daerah yang listriknya sudah kembali menyala sebagai berikut:

1. Cawang

2. Duren Tiga

3. Mampang

4. Danayasa (Kebayoran Baru)

5. SCBD Sudirman

6. Kemang

7. Ancol

8. Setiabudi

9. Senen

10. Gambir

11. Cempaka Mas

12. Cempaka Putih

13. Angke

14. Rawamangun

15. Gandaria

16. Bekasi

Sutet 500KV Bermasalah

PLN menyebut gangguan listrik terjadi di beberapa daerah DKI Jakarta dan sekitarnya. Hal itu disebabkan saluran udara tegangan ekstra tinggi (Sutet) 500KV bermasalah pada pukul 12.58 WIB, Minggu, 1 November 2020.

"PLN mohon maaf atas padamnya aliran listrik yang dialami oleh sebagian wilayah Jakarta mengalami padam," ujad Executive Vice President Corporate Communication PT PLN (Persero) Agung Murdifi dalam keterangan tertulis, Minggu, 1 November 2020.

Saat ini sejumlah tim telah diterjunkan untuk mengecek sutet yang bermasalah. Proses perbaikan terus dilakukan untuk mempercepat pemulihan sistem kelistrikan.

"Proses penormalan terus dilakukan, Kami akan segera memberitahukan setiap perkembangan terkait proses recovery," tuturnya.

Listrik padam di sejumlah wilayah DKI Jakarta akibat gangguan ini. Warganet berbondong-bondong protes dan bertanya via akun Twitter PT PLN @pln_123 terkait gangguan listrik tersebut. Bahkan cuitan 'Mati Listrik' sudah dibagikan 20 ribu kali dan menjadi tagar terpopuler dalam waktu tak sampai satu jam.

Penulis: Redaksi

Baca Juga