Seminar Literasi Digital Kemenkominfo dan DPR RI

Literasi Digital Dapat Manfaatkan Kemajuan Teknologi Informasi

AKURATNEWS - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online dengan tema yang diangkat Webinar : “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi pada UMKM Terdampak Pandemi COVD-19”.

Dalam seminar tersebut terdapat tiga pembicara yang mumpuni pada bidangnya, yaitu  Fadhullah, SE  yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI Komisi I. Narasumber kedua adalah Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI serta mengundang Wisnu Soehardjo B.Sc, SH, MH, MBLs selaku Ketua Forum Biometric Indonesia dan Zainal Arifin M Nur selaku  Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia Group Banda Aceh.

Seminar ini diselenggarakan pada hari Senin, 25 Oktober 2021 melalui platform zoom meeting ini merupakan dukungan Kominfo terhadap Program Webinar yang melibatkan berbagai elemen masyarakat.

Webinar tersebut memiliki beberapa tujuan di antaranya adalah untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan binis; memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh APTIKA; mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya ,  Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.

Pemaparan pertama  diawali oleh sambutan dari Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kementerian Kominfo RI melalui tampilan video. Dalam video tersebut Samuael  yang akrab dipanggil Semmy menjelaskan;

“Dimasa pandemi dan pesatnya teknologi telah merubah aktivitas seluruh masyarakat dalam melakukan kegiatan dan mengajak masyarakat untuk ikut serta dalam transformasi digital Indonesia. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mewujudkan masyarakat digital dimana kemampuan literasi digital masyarakat memegang peran yang sangat penting. Karena dalam upaya transformasi digital, pemerintah tidak dapat bergerak sendiri sehingga peran masyarakat sangat dibutuhkan. Sehingga Kominfo dan Siber Kreasi serta stakeholder lainnya terus berupaya mengadakan kegiatan guna mencapai tingkat literasi yang optimal,” papar Samuel di Jakarta, pada Senin (25/10/21).

Pemateri kedua adalah Fadhullah, SE selaku Anggota Komisi I DPR RI, dalam paparannya Fadhlullah menjelaskan;

“Pandemi covid 19 ini berdampak pada ekonomi kita, dengan hal tersebut pemerintah telah menerbitkan beragam regulasi dengan tujuan agar roda ekonomi nasional kembali bergerak ke arah yang lebih postif, salah satunya literasi digital.  Semoga dengan diadakannya literasi digital dapat memberikan manfaat bagi kita semua khususnya untuk daerah aceh, dalam membangkitkan pertumbuhan ekonomi di tengah pandemic Covid-19 dimana literasi digital  dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi untuk menumbuhkan UMKM-UMKM baru yang Inovatif,” jelas Fadhlullah.

Paparan materi ke-3 disampaikan oleh Wisnu Soehardjo B.Sc, SH, MH, MBLs selaku Ketua Forum Biometric Indonesia. Dalam paparannya Wisnu Soehardjo menjelaskan;

“Pemanfaatan digital marketing sebagai upayaa pemulihan ekonomi UMKM  pada saat pandemic Covid-19. Kemampuan teknologi begitu pesat di masa pandemi Covid-19 dimana terdapat 40% pertumbuhan baru pada e-commerce di indonesia.  Maka para perlaku UMKM harus menyesuaikan diri dalam memanfaatkan perkembangan teknologi dengan menggunakan digital marketing dan digital marketing bisa menjadi solusi UMKM di era pandemi untuk tetap berkembang,”, jelas Wisnu.

Narasumber terakhir  Zainal Arifin M Nur selaku Pemimpin Redaksi Harian Serambi Indonesia Group Banda Aceh menjelaskan;

“Kemampuan teknologi di era revolusi industry 4.0 merupakan suatu keniscayaan yang tidak bisa di hindari. Maka kita harus siap dalam melihat atau memanfaatkan peluang dalam kemajuan teknologi untuk hal-hal yang positif yang lebih menguntungkan dalam memanfaatkan media social seperti facebook, Instagram, twitter, tik-tok dan lain-lainya,” Jelas Zainal..

Dalam seminar yang diikuti oleh sekitar 150 peserta ini dilakukan secara interaktif tanya jawab antara peserta dan narasumber yang ada.

Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat melakukan literasi digital sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia.***

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga