Lockdown, Warga Miskin di India Dapat Paket Stimulus Rp360 Triliun

Situasi India Lockdown di Bangalore. (Foto: Getty Images)
Situasi India Lockdown di Bangalore. (Foto: Getty Images)

Jakarta, Akuratnews.com - Beberapa negara yang terkena dampak penyebaran virus Korona meluncurkan paket stimulus ekonomi. Contohnya, Amerika Serikat dengan stimulus terbesar sepanjang sejarah yakni 2 Triliun Dolar AS, kini India pun mengambil langka serupa.

India mengumumkan paket stimulus ekonomi senilai 1,7 triliun rupee setara Rp360 triliun. Paket ini dilakukan guna membantu jutaan rumah tangga berpenghasilan rendah menghadapi masa lockdown selama 21 hari karena virus Korona (COVID-19).

Adapun paket stimulus Rp360 triliun dicairkan melalui langkah-langkah ketahanan pangan untuk rumah tangga miskin dan melalui transfer tunai langsung.

"Kami telah menyiapkan paket stimulus ekonomi yang akan segera menangani masalah, masalah kesejahteraan, pekerja miskin dan pekerja yang menderita dan mereka yang membutuhkan bantuan segera," tutur Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (27/3/2020).

Sebagian besar dari 1,3 miliar orang di India telah diperintahkan untuk tetap tinggal di dalam rumah selama tiga minggu sejak Rabu 25 Maret 2020. Ini sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk memperlambat penyebaran pandemi virus korona. Namun, layanan penting seperti toko kelontong dan SPBU akan tetap terbuka.

Para buruh penerima upah harian, pemilik usaha kecil, dan rumah tangga berpendapatan rendah dikatakan paling rentan selama lockdown akibat virus Korona. Sitharaman menjelaskan bahwa pemerintah tidak ingin ada yang kelaparan atau pergi tanpa uang. “Jadi, kami akan memberikan cukup untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka, kebutuhan protein, serta pulsa,” katanya.

Dirinya juga menambahkan bahwa beberapa langkah melalui skema transfer manfaat langsung juga akan diambil sehingga manfaat uang dari paket stimulus ini dapat diterima dengan baik alias tepat sasaran.

Penulis: Redaksi

Baca Juga