Di Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Lampung, Winarti Berharap Raih Prestasi Maksimal

Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti SE MH. (Foto Sanjaya/Akuratnews.com)

Tulang Bawang, Akuratnews.com - Bupati Tulang Bawang Hj. Winarti SE MH menyambut tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan, Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat dan Lomba Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tahun 2019, tingkat Provinsi Lampung yang tengah memberikan penilaian.

Tim Penilai yang datang dipimpin langsung oleh Ketua Tim Penilai Drs Yuda Setiawan MM yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas PMD Provinsi Lampung.

Didampingi sejumlah Kepala Dinas Tulang Bawang, Bupati Winarti meminta Yuda Setiawan dapat memberikan ilmunya untuk perkembangan dan kesejahteraan masyarakat Tulang Bawang.

"Mohon kami diajari, supaya Kampung kami bisa berkembang baik sesuai harapan kita semua untuk kesejahteraan masyarakat," Ujar Winarti saat menerima Tim Penilai di Halaman Kantor Kampung Penawar Jaya Kecamatan Banjar Margo, Kamis (4/3/2019).

Menurut Bupati yang akrab disapa Bunda Winarti ini, dengan 25 program unggulan pro rakyat Pemkab Tulang Bawang, geliat ekonomi dan usaha di Kampung dapat semakin terlihat mandiri, hal ini karena disuport melalui Dana Desa dari Pemerintah Pusat yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

"Dalam penilai lomba Desa dan Kelurahan, bulan bakti gotong royong masyarakat dan lomba badan usaha milik desa Tahun 2019, tingkat Provinsi Lampung ini, saya berharap, sesuai dengan hasil evaluasi, semoga bisa menjadi prestasi maksimal untuk masyarakat kami," Tandasnya.

Sementara itu, Yuda Setiawan dalam sambutannya mengatakan bahwa, peran Kepala Kampung dalam mendorong peran serta dan partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pembinaan yang dilaksanakan di Desa dan Kampung-kampung.

"Evaluasi perkembangan Desa/Kampung telah diatur dalam permendagri nomor 81 tahun 2015. Evaluasi bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan status perkembangan serta tahapan kemajuan Desa atau Kampung. Melalui instrumen ini dapat dinilai serta menentukan status tertentu dari capaian tingkat perkembangan Desa dan Kampung," jelas Yuda.

Dia menuturkan, salah satu tahapan dalam penilaian lomba kampung , meliputi tiga bidang penilaian, yakni bidang pemerintahan, kewilayahan dan bidang kemasyarakatan dengan 69 indikator penilaian.

Yuda juga memaparkan pesan dari Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo terkait dengan Lomba yang tengah dilaksanakan tersebut.

"Dari lomba ini diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat, meningkatkan peran aktif kemitraan masyarakat dengan pemerintah serta meningkatkan daya saing dan kreatifitas bagi pengelola badan usaha milik desa pada masing-masing desa," Ujar Yuda menuturkan pesan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo.

Penulis: Sanjaya
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga