LPBI NU Adakan Pelatihan Pengelolaan Risiko Bencana

LPBI NU Adakan Pelatihan Pengelolaan Risiko Bencana dan Luncurkan Film tentang Penanggulangan COVID-19
LPBI NU Adakan Pelatihan Pengelolaan Risiko Bencana dan Luncurkan Film tentang Penanggulangan COVID-19

AKURATNEWS - Sebanyak 31 orang mengikuti pelatihan Pengelolaan Risiko Bencana pada program Penguatan Ketangguhan Masyarakat dalam Menghadapi COVID-19 dan Bencana Alam (PKMM-CBA).

Mereka adalah tim pelaksana program dari Kabupaten Lamongan, Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Kotamadya Kediri (Jawa Timur), Kabupaten Buleleng (Bali) dan Kabupaten Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat. Selain itu, peserta pelatihan juga berasal dari tim pusat program.

Selama empat hari, mulai 28 hingga 31 Juli 2021 mereka mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) yang didukung oleh DFAT Australia melalui SIAP SIAGA Palladium.

Perwakilan SIAP SIAGA Palladium, Kristanto Sinandang menyampaikan tentang program kebencanaan SIAP SIAGA di antaranya mendukung program Destana (Desa Tangguh Bencana) berbasis kesejahteraan dan SPM (Standar Pelayanan Minimum).

Destana yang disasar ingin mengembangkan model universal sehingga lebih akomodatif. Destana berbasis kesejahteraan ingin mengisi lebih lanjut urusan ekonomi, penghidupan wacana yang sedang dikembangkan adaptif social protection.

“Semoga pelatihannya lancar tentunya hasilnya untuk peningkatan kapasitas program, puncaknya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat yang dilayani,” tuturnya.

Ketua LPBI NU PBNU, M. Ali Yusuf dalam kesempatan tersebut mengatakan, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada seluruh pelaksana program agar dapat mempromosikan dan mengajak semua pihak untuk mendukung upaya pengurangan risiko bencana agar setiap potensi ancaman bencana bisa ditangani dan dampak kejadian bencana bisa dikurangi atau diminimalisir.

Program PKMM-CBA yang dilaksanakan oleh LPBI NU ini berbasis RW dan menyasar langsung rumah tangga/keluarga.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi
Editor: Ahyar

Baca Juga