LSM Kompak Desak Aparat Hukum Usut Korupsi Dana Desa

AKURATNEWS, Abdya- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Koalisi Masyarakat Pejuang Keadilan (Kompak) mendesak aparat di wilayah hukum Aceh Barat Daya (Abdya) untuk memproses temuan penyalahgunaan Anggaran Dana Desa di kampung Geulanggang Gajah, Kecamatan Kuala Batee.

Koordinator LSM-Kompak, Saharuddin dalam rilisnya mengungkapkan, hasil konfirmasi dirinya dengan pihak Inspektorat beberapa waktu lalu membenarkan, temuan itu didapat oleh Tim Audit saat pemeriksaan tahun 2021.

"Kita sudah tanyakan langsung ke Kepala Inspektorat dan beliau mengakui ada temuan penyalahgunaan dana desa yang belum terselesaikan. Tepatnya di Desa Geulanggang Gajah tahun anggaran 2020," kata Sahar, Jumat (4/3).

Sahar melanjutkan, penyampaiannya pihak Inspektorat Abdya juga telah memberikan tempo selama 60 hari kepada pengguna anggaran untuk melakukan pengembalian dana. Namun, kesempatan tersebut seolah tidak digubris, karena hingga kini kerugian negara tersebut nihil dikembalikan.

“Dan hasil audit tersebut telah diserahkan langsung oleh Inspektorat ke Polres Aceh Barat Daya,” sebutnya.

Sahar meminta, kasus penyelewengan uang negara ini harus ada kepastian hukum. Terlebih, kesempatan pengembalian dana yang telah diberikan itu telah melewati batas waktu yang telah ditentukan.

“Perkembangan kasus ini akan terus kita pantau. Karena kita menginginkan pengelola dana desa di Abdya kita ini betul-betul bersih dan terbebas dari tindakan korupsi,” singkatnya.

Penulis:

Baca Juga