LSM Sorot Pembangunan Daerah di Depok

Depok, Akuratnews.com - Sebagai penyelenggara program pembangunan insfrastruktur di Depok, pihak pemerintah Kota Depok didorong bisa wujudkan perubahan sistem kerja kearah lebih baik dari tahun sebelumnya.

Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM yang bergerak pada penyelenggaraan keuangan negara menilai pekerjaan proyek pembangunan insfrastruktur serta proses pencairan dana proyek yang menumpuk dijelang akhir tutup tahun anggaran 2019 tidak harus terulang di tahun berikutnya.

Ketua LSM Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara) Kota Depok, M Thohir Barbara mengatakan pelaksanaan fisik pembangunan yang menumpuk jelang akhir tahun anggaran bisa berdampak buruk pada hasil kegiatan maupun lainya.

Hingga tahun 2020, kata Tompay sapaan akrab M Thohir, tidak sedikit kegiatan fisik pembangunan yang masih berjalan. Banyaknya pekerjaan pembangunan jelang akhir tahun 2019 lalu bahkan, berujung tertundanya pencairan dana proyek kepada para kontraktor mitra kerja pemkot Depok.

Lantaran itu, pihaknya berencana mendatangi sejumlah dinas terkait sebagai pelaksana program pembangunan Depok.

"Kami akan mendatangi beberapa dinas dan konsultan karena keduanya juga menjadi ujung tombak suksesnya pelaksanaan program pembangunan di Depok," ucap Tompay, Selasa,(18/2/2020).

Dirinya menilai, perlu ada evaluasi, perubahan dan pembenahan pada birokrasinya untuk tatanan pelaksanaan roda pembangunan di Kota Depok lebih baik kedepan. Sehingga tidak terkesan hanya berjalan ditempat.

"Jadi, sistem pelaksanaan pembangunan di Depok sudah seharusnya bisa berubah kearah yang lebih baik," ujar Tompay.

Menurutnya, roda pembangunan di Depok harusnya bisa bergulir lebih cepat dari tahun-tahun sebelumnya untuk terhindar dari persoalan yang kerap terjadi sebelumnya.

"Kegiatan fisik maupun proses atministrasi tagihan proyek tidak menumpuk jelang tutup tahun anggaran," kata Tompay.

LSM yang bergerak soal penyelenggaraan keuangan negara ini juga akan menempuh langkah lain dengan mengelar aksi demonstrasi massa terkait perbaikan birokrasi Pemkot Depok.

"Bila perlu kami akan mengelar aksi demonstrasi kalau memang tidak ada respons positif dari pihak-pihak terkait," tandasnya.

Penulis: Eko Ahdayanto

Baca Juga