Diam-diam Ciptakan Terobosan, KNPI Luncurkan Koperasi dan Aplikasinya

Jakarta, Akuratnews.com - Di perayaan hari jadi ke 46, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) meluncurkan terobosan baru yang diklaim bermanfaat bagi pemuda Indonesia.

“Tepat di usia 46 yang juga pertama kali dalam sejarah KNPI berdiri, kita bentuk Koperasi Nasional Pemuda Indonesia. Hari ini kita luncurkan koperasi tersebut sekaligus aplikasi untuk mendukung kegiatan koperasi tersebut,” ujar Bendahara Umum (Bendum) KNPI, Reza Eka Pahlevi di sela-sela perayaan HUT KNPI, di Jakarta, Selasa (23/7).

Di aplikasi ini nantinya, semua anggota bisa bertransaksi membeli pulsa, tiket pesawat, tiket kereta, hotel dan sebagainya.

"Terobosan-terobosan ini berdampak positif untuk kepemudaan. Gerakan kita silent, tapi ada hasilnya," imbuh Reza.

Reza juga menuturkan, dirinya melihat banyak potensi-potensi yang ada di anggota KNPI, sehingga dibutuhkan wadah untuk mengakomodir potensi-potensi tersebut.

"Kebetulan posisi saya di KNPI sebagai Bendum. Tugas utamanya Bendum kan terkait pendanaan supaya organisasi tetap berjalan. Kita punya tim kebendaharaan yang saya nilai bagus potensinya, hanya saja belum ada wadah untuk mereka mengoptimalkan potensi-potensi tersebut. Saya ingin seluruh pengurus KNPI yang punya keinginan maju dapat penghasilan lebih," tutur Reza yang juga didaulat sebagai Ketua Koperasi Nasional Pemuda KNPI ini.

Pembentukan koperasi ini pun, lanjut Reza, tak butuh waktu lama. Kurang lebih sebulan, koperasi ini terbentuk.

"Tidak ada hambatan berarti karena semua pihak mendukung, kebetulan Ketum mendukung, Sekjen juga mendukung. Alhamdulillah," cetus Reza.

Terkait dengan aplikasi koperasi ini, Reza pun menjelaskan jika aplikasi ini baru tersedia di Android. Namun dalam beberapa bulan ke depan juga akan tersedia di AppStore.

"Nama aplikasinya nanti juga sama yakni Koperasi Nasional Pemuda Indonesia KNPI," jelas Reza.

Reza menambahkan, diaplikasi ini nantinya akan juga diinfokan berbagai agenda kegiatan KNPI.

"Untuk sekarang memang baru internal yang bisa mengaksesnya tapi sebenarnya prinsip koperasi ini terbuka. Seluruh anggota KNPI dari pusat sampai ke kecamatan akan kita gerakan juga," papar Reza.

Di kesempatan yang sama, Luqman Saifudin Sekretaris Koperasi Nasional Pemuda Indonesia KNPI menyatakan akan mensupport penuh gerakan ini.

"Belum adalah gerakan pemuda yang mendekatkan lagi ke koperasi. Visi kedepannya luar bisa," ujar Luqman.

"Hal ini juga sejalan dengan visi dan misi pemerintah. Kita mendukung upaya pemerintah memajukan para pemuda," imbuh Panca Aditya, Bendahara Koperasi Nasional Pemuda Indonesia.

Penulis: Rianz
Editor:Ahmad Ahyar

Baca Juga