Luncurkan Program Sensus Penduduk Online, Wabup Mengklaim Matim Alami Kemajuan

Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Timur, Drs. Jaghur Stefanus ketika menyampaikan sambutan pada kegiatan launching program sensus penduduk online tahun 2020 di Halaman Kantor Bupati Matim. Dokumen Akuratnews.com/Yohanes Marto.
Wakil Bupati Kabupaten Manggarai Timur, Drs. Jaghur Stefanus ketika menyampaikan sambutan pada kegiatan launching program sensus penduduk online tahun 2020 di Halaman Kantor Bupati Matim. Dokumen Akuratnews.com/Yohanes Marto.

Manggarai Timur, Akuratnews.com - Untuk Pertama kalinya Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengadakan sensus penduduk tahun 2020 dengan menggunakan sistem Online. Terkait hal tersebut, Wakil Bupati Matim Jagur Stefanus, mengklaim Manggarai timur mengalami kemajuan yang signifikan.

"lni adalah Iompatan besar dan menjadi momentum sejarah Manggarai Timur Maju", Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Matim pada saat pembukaan launching sensus penduduk secara Online yang berlangsung di depan halaman Kantor Bupati Matim, usai menggelar apel mingguan, dihadiri oleh sejumlah pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Sekda Matim pada, Senin, (17/02/2020).

Diketahui, kegiatan launching program sensus kependudukan secara online tersebut digelar untuk menindaklanjuti surat instruksi Bupati Manggarai Timur Nomor: EK.500/716/XII/2019 tanggal 20 Desember 2019, Tentang Sukseskan Sensus Penduduk 2020.

Dalam sambutannya, Wabup Matim Jagur Stefanus, menjelaskan bahwa sensus kependudukan biasanya dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Sensus Penduduk Matim tahun 2020 adalah sensus kependudukan ke-7 dan secara teknis, umtuk pertama kalinya dilaksanakan dengan menggunakan sistem online.

Data kependudukan Menurut Wabup Matim merupakan informasi dasar dalam merancang sejumlah program pembangunan baik di tingkat kabupaten/kota maupun di tingkat nasional.

"Dari data penduduklah, perencanaan dimulai. Keputusan apa yang tepat diambil dan program apa akan dieksekusi. Tetapi, yang terjadi selama ini masih terdapat kesimpangsiuran data penduduk dari berbagai sumber. Hal ini menjadi salah satu penyebab tidak optimalnya pelaksanaan kebijakan pemerintah," jelas Wabup Matim.

Karena itu, ungkap Wabup Matim secara teknis, data sensus penduduk online Kabupaten Manggarai Timur tahun 2020, sangat bermanfaat sebagai informasi dasar dalam membuat perencanaan program dan proyeksi kependudukan Matim beberapa tahun yang akan datang.

Wabup menambahkan, untuk mendukung suksesnya program tersebut, Wabup Matim berharap peran aktif dari segenap ASN di Lingkup Sekda Matim dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

"Data yang akurat sangat tergantung pada partisipasi masyarakat. Oleh karena itu diharapkan ASN mengambil peran dan berpartisipasi aktif mensukseskan Sensus Penduduk Online. Jangan sampai kita membuat perencanaan, memutuskan, serta mengeksekusi program tetapi datanya tidak akurat," imbuhnya

Wakil Bupati Matim juga menjelaskan bahwa data kependudukan yang tidak valid merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tidak optimalnya pelaksanaan kebijakan pemerintah.

"Data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan daerah. Data yang akurat sangat penting untuk menyusun perencanaan yang benar, data yang akurat sangat panting untuk membuat keputusan yang tepat, data yang akurat sangat penting untuk mengeksekusi program yang tepat sasaran", jelas Wabub Matim di depan peserta apel

Terkait informasi pelaksanaan sensus kependudukan online di Matim tersebut akan dijadwalkan sejak tanggal 15 Februari lalu dan berakhir pada tanggal 31 Maret mendatang.

Sedangkan untuk pengisian data Sensus Penduduk Online, masyarakat diminta untuk mengunjungi situs sensus.bps.go.id sambil menyiapkan catatan yang berisi Nomor NIK dan Nomor KK.

"Alamat untuk akses online yaitu sensus.bps.go.id namun kendala kita banyak yang tidak memiliki fasilitas hp android. Oleh karena itu, tambah Wabub Matim, peran ASN sangat sentral untuk meningkatkan akses masyarakat untuk bisa akses online dengan mengajak serta menyediakan akses bagi keluarga, tetangga, rekan kerja di Kecamatan dan di desa/Kelurahan untuk bisa akses online," kata Wabup.

Dengan menyebut Tuhan yang kuasa, Wabup Matim itu berharap program sensus kependudukan online Matim tahun 2020 itu dapat dilaksanakan dengan sukses.

"Pastikan kita semua tercatat. Dengan demikian berarti kita telah ikut andil mencatat Indonesia, Mencatat Manggarai Timur. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa memberkati upaya kita mensukseskan Sensus Penduduk 2020 Menuju Manggarai Timur Satu Data demi kemajuan daerah kita tercinta, tutup Wabub Matim.

Penulis: Yohanes Marto
Photographer:Yohanes Marto

Baca Juga