Mahasiswa UMB Berikan Literasi Media untuk Menciptakan Budaya Siber yang Positif

AKURATNEWS - Mahasiswa Universitas Mercu Buana melaksanakan kegiatan Kuliah Peduli Negeri (KPN).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengambil judul “Menciptakan Budaya Siber yang Positif di Media Sosial” yang dilaksanakan pada hari Senin, 22 November 2021 melalui virtual Google Meet.

Tim dari kegiatan KPN ini diketuai oleh Farraz Daffa dan 4 orang anggota lainnya yaitu Dhanty Shalsabila sebagai MC dan Moderator, Aprilia Dirayanti sebagai Operator, Risa Ariyani sebagai Pemateri 1 dan Farraz Daffa sebagai Pemateri 2.

Tema kegiatan KPN ini diambil dengan mempertimbangkan bahwa usia muda yang sudah aktif dalam media siber perlu diingatkan kembali untuk tetap berhati-hati dan lebih bijak lagi dalam bermedia media sosial agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Maka dari itu, Mahasiswa dari Universitas Mercu Buana memberikan kegiatan sosisalisasi berbentuk acara Webinar dengan tema literasi media dan target sasarannya adalah untuk anak remaja yang sudah mulai aktif menggunakan media sosial setiap harinya yaitu para siswa/i kelas VIII SMP Yadika 3, Karang Tengah, Tangerang.

Topik materi yang dijelaskan oleh pembicara dalam kegiatan ini adalah membahas mengenai apa itu budaya siber, informasi manfaat dari internet, bahasa di media sosial, dan konten sebagai budaya.

Tidak hanya memberikan literasi, namun kelompok ini juga memberikan kesempatan sesi tanya jawab serta sharing bersama 50 siswa/i tersebut.

Untuk menghilangkan kejenuhan dan menarik antusias kembali para peserta, tim ini juga memberikan sebuah games dan hadiah (reward) bagi penanya terbaik.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari Ibu Mutia Rahayu, M.IKom selaku Dosen Mata Kuliah Peduli Negeri (KPN) dan Bapak I Putu Gde Arjan S.Pd selaku Wali Kelas VIII.

Tujuan dari kegiatan KPN ini kepada siswa/i SMP Yadika 3 agar mereka semua dapat menerapkan ilmu tersebut dalam kegiatan sehari-harinya serta mulai berhati-hati dalam memilah kata-kata yang baik, bertindak sopan dan tidak membuat konten yang mengandung arah negatif.

Jika siswa/i dapat memahami dengan baik, maka secara tidak langsung kita bisa mengurangi konten dan tindakan negatif di media sosial serta kita bisa lebih menghadirkan usia muda yang kreatif dan positif.

Kegiatan KPN kelompok ini telah dinyatakan berhasil sesuai dengan berjalan lancarnya acara dan melihat bagaimana respon baik dan aktif dari siswa/i SMP Yadika 3 selama kegiatan acara.***

Penulis: Risa Ariyani

Baca Juga