Mahasiswa UMS Ajak Warga Pilah Sampah dan Terapkan PHBS

Surabaya, Akuratnews.com - Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok KKN (Kuliah Kerja Nyata) Back To Village Sukolilo 1 dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, laksanakan kegiatan KKN di RT 01, RT 03 dan RT 05, RW 03, Kelurahan Keputih Kecamatan Sukolilo Kota Surabaya pada 29 Juli 2021 hingga 28 Agustus 2021 dengan tema lingkungan dan kesehatan.

Kegiatan tersebut, didasari dari sampah harian yang dihasilkan warga Surabaya, sebanyak 1500 ton, dengan urutan pertama yaitu sisa makanan (organik) dan plastik diurutan kedua dengan jumlah 287 ton. Ketika terjadi pandemi COVID-19 terjadi peningkatan signifikan aktifitas di rumah (WFH & SFH) dan belanja online yang menghasilkan peningkatan sampah plastik dan organik.

Menurut Yessie Ardina Kusuma, S.T., M.T., selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Permasalahan sampah plastik sangat meresahkan, sehingga perlu upaya penanganan yang tepat. "Dikarenakan plastik nantinya dapat terdegradasi menjadi mikroplastik yang dapat menyebabkan penurunan kualitas air sungai, ancaman terhadap keanekaragaman biota perairan dan juga gangguan kesehatan manusia yang mengkonsumsi air dan biota tersebut," ujarnya, pada Kamis (26/8/2021).

Lebih lanjut, masih kurangnya kesadaran dan pengetahuan warga akan penanganan sampah yang baik juga menjadi alasan dilaksanakannya program kerja KKN berupa sosialisasi gerakan pilah sampah dari rumah.

"Warga diajak untuk memilah sampah, antara jenis sampah organik dan non organik, dengan menggunakan teknologi tempat sampah pintar higienis, yang sudah terpisah menurut jenis sampahnya serta dapat membuka dan menutup sendiri secara otomatis.”

Pada kesempatan ini, Mahasiswa juga mempraktekkan langsung cara mengolah sampah organik menjadi kompos dengan metode Takakura sedangkan sampah non-organik berupa plastik, yang telah dikumpulkan warga dibawa menuju ke bank sampah terdekat karena memiliki nilai ekonomis.

Pada bidang kesehatan, sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) untuk mencegah penyebaran COVID-19 juga disampaikan pada acara sosialisasi ini. Selain itu, dilakukan pembagian bingkisan paket sehat untuk warga yang menjalankan isolasi mandiri sebagai bentuk kepedulian mahasiswa KKN UM Surabaya.

Penulis: Arga

Baca Juga