Mahasiswa Universitas Mercubuana Gelar Webinar untuk Anak SMK

AKURATNEWS - Patut disadari bahwa dukungan berbagai pihak mutlak diperlukan demi peningkatan daya saing bangsa. Satu di antaranya adalah kontribusi aktif dari para mahasiswa untuk menyebarkan keilmuan yang didapatnya ke khalayak ramai, tidak perlu menunggu lulus dan wisuda untuk berkontribusi bagi bangsa dan berbagi ilmu bagi sesama.

Sebut saja Mata Kuliah Peduli Negeri (KPN) yang ada di Universitas Mercubuana. Spesifik kita menjurus ke Fakultas Ilmu Komunikasi yang mewajibkan para mahasiswanya untuk membuat Student Social Responsibilty dalam bentuk bebas terpenting sesuai pakem jurusannya.

Sesuai kurikulum KPN, untuk menjalankan Student Social Responsibilty tersebut mahasiswa akan bergabung membentuk kelompok dan memilih Mitra (organisasi atau tempat dilaksanakannya KPN) dengan terlebih dahulu melakukan riset kecil untuk mencari tahu kebutuhan mitra yang selanjutkan diejawantahkan dalam aksi nyata semisal penyuluhan atau berbagi keilmuan.

Gelaran CAREER PREPARATION TALK: Upgrade Your Curriculum Vitae To Get The Best Opportunities, yang dilaksanakan Sabtu, 13 November 2021, adalah sebuah webinar yang diselenggarakan oleh salah satu kelompok mahasiswa penyelenggara KPN pada tahun ini. Dengan merangkul mitra SMK Negeri 28 Jakarta, mereka menggagas sharing session membahas bagaimana membuat CV yang baik dan tips interview untuk persiapan anak-anak SMK memasuki dunia kerja.

Acara digawangi oleh lima mahasiswa dari Fakultas Komunikasi Jurusan Public Relation Universitas Mercubuana Jakarta, yakni Arif Rachman; Dina Mabellya; Ervi Swistiyani; Siti Nur Azizah Harahap; Farhah Fani Fadhillah, sukses menghadirkan target pesertanya, yakni 35 anak SMKN 28 sebagai pesertanya.

“Kami berlima merupakan mahasiswa tingkat akhir, dengan semangat berbagi yang digaungkan dalam Kuliah Peduli Negeri, kami mencoba berkontribusi dengan mempraktikkan ilmu komunikasi yang didapat untuk mengatasi masalah sosial melalui kegiatan sosialisasi, edukasi, dan publikasi. Dengan konsep kegiatan yang dirancang padat ide, efisiensi biaya, dan dengan harapan berdampak nyata.” ujar Arif Rachman selaku Ketua Pelaksana seraya membuka acara.

Webinar ini juga dihadiri oleh salah satu Guru sekaligus Pembina, Ibu Dewita Zuryati, S.Sos, M. Pd yang dalam kesempatan sambutannya memberikan semangat kepada para anak didiknya untuk menyimak materi pembahasan. “Ketika perwakilan mahasiswa menyampaikan topik yang dibawakan adalah seputar CV dan Interview Kerja, kami sangat antusias sebab murid-murid SMK perlu itu sebelum masuk dunia kerja.” ujarnya menambahkan.

Saat sharing session 1 membahas seluk-beluk bagaimana membuat CV untuk melamar kerja mulai dari pemilihan kriteria yang harus ditampilkan dalam CV, yang tidak boleh ditampilkan dalam CV, sampai kepada jenis huruf dan desain CV kekinian. Adapun sharing session 2 memaparkan tips interview kerja, cara menjawab pertanyaan, sikap atau gestur dan lain sebagainya.

Sebagai penutup, Dosen Pengampu Kuliah Peduli Negeri Universitas Mercubuana, Ibu Syerli Haryati, SS, M. Ikom berharap apa-apa yang di-sharing-kan dapat bermanfaat bagi teman-teman SMKN 28 Jakarta.

“Sejak 2 tahun lalu bentuk KPN banyak yang webinar, karena keterbatasan ruang gerak akibat Pandemi Covid-19. Namun demikian jangan sampai hal itu menyurutkan semangat berbagi ilmu dan belajar.” imbuhnya.

Penulis:

Baca Juga