Izin Bolos Kuliah, Mahasiswi UMY Ini Jadi Delegasi RI di Sidang Dewan HAM Ke-42

Yogyakarta, Akuratnews.com - Tanpa banyak publikasi, seorang mahasiswi jurusan Ilmu Hubungan Internasional (HI), FISIPOL Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi salah satu anggota Delegasi Indonesia pada Sidang Dewan HAM ke-42 di Jenewa, Swiss pada 7-12 September 2019.

Mahasiswi itu bernama Anisa Sopiah. Keberangkatannya ke Jenewa yang didukung penuh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ini lantaran prestasinya menjadi juara pertama Lomba Video Kreatif dalam rangka peringatan Hari Perempuan Internasional yang digelar Kemenlu RI pada 8 Maret lalu.

"Dalam Kuliah Diplomasi saya Jumat (13/9), ada mahasiswi izin tidak hadir karena sedang mengikuti Sidang Dewan HAM PBB di Jenewa, Swiss, 7-12 September 2019 atas biaya Kemenlu RI," ujar dosen HI UMY, Takdir Ali Mukti di Yogyakarta, Minggu (15/9).

Dikatakan Takdir, prestasi ini sangat membanggakan UMY sebagai sebuah kampus sekaligus membuktikan bahwa UMY sudah berkualitas internasional.

"Terimakasih Bu Menlu dan Bapak Presiden RI....Selamat buat Anisa Sopiah.. Selamat buat HI UMY," ucap Takdir.

Ia pun berjanji akan memberikan kesempatan bagi Anisa untuk menceritakan pengalamannya di Jenewa di depan civitas akademika UMY saat ia sudah kembali kuliah.

"Setelah pulang, dia sudah saya peseni buat presentasi," pungkas Takdir.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga