Majelis Hakim Tolak Seluruh Gugatan PPDI Terhadap Bupati Bartim

Tamiang Layang, Akuratnews.com - Setelah beberapa kali sidang, akhirnya perkara perdata nomor 11/Pdt.G/2020/PN.Tml, antara Penggugat Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, menggugat Bupati sebagai Kepala Daerah dan turut tergugat Sekretaris Daerah, sampai pada putusan yang dibacakan majelis hakim dipersidangan.

Sidang kali ini berbeda dengan sidang biasanya, nampak aparat kepolisian san Satpol PP, berjaga-jaga di gerbang pintu masuk halaman PN Tamiang Layang, serta di ruang sidang Cakra, pada Selasa (22/09/2020).

Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Hakim Deni Indrayana SH, MH, hakim anggota Helka Rerung, SH dan Kharisma Laras Sulu, SH serta Panitera Pengganti yang mencatat jalannya sidang, turut hadir pula kuasa hukum PPDI selaku Penggugat dan Jaksa Pengacara Negara (JPN) selaku kuasa hukum Tergugat dan Turut Tergugat.

Usai sidang Humas PN Tamiang Layang Helka Rerung, SH menyampaikan, tadi kita sudah dengarkan putusan yang dibacakan Majelis Hakim lengkap dengan pertimbangan hukumnya.

"Intinya putusan adalah, Eksepsi dari Tergugat dan Turut Tergugat ditolak, kemudian dalam pokok perkara Gugatan dari saudara Penggugat ditolak juga untuk seluruhnya", kata Helka.

Lanjutnya, Gugatan yang diajukan Penggugat terkait dengan perbuatan melawan hukum yang dituduhkan kepada Tergugat dan Turut Tergugat tidak dapat dibuktikan.

"Setelah putusan ini dibacakan, ada waktu 14 hari kepada para pihak apakah menerima atau melakukan upaya hukum lain", ungkapnya.

Sementara Tim Kuasa Hukum PPDI Bartim Endas Trisniwati, SH menyampaikan, sebagaimana diungkapkan majelis hakim tadi  bahwa baik Gugatan  kami dari Penggugat maupun Eksepsi dari Tergugat dan Turut Tergugat ditolak.

"Atas putusan majelis hakim tersebut kami akan pikir - pikir dulu, langkah apa yang akan kami bersama teman - teman PPDI kedepannya", papar Endas.

Ditemui terpisah, JPN selaku kuasa hukum tergugat dan turut tergugat Pinos Permana. SH menyampaikan," Kita telah dengarkan sama-sama tadi putusannya yang pada intinya menolak gugatan para penggugat seluruhnya, dengan suara bulat majelis hakim menegaskan menolak gugatan para penggugat untuk seluruhnya", jelasnya.

"Jadi ini putusan tingkat pertama, nanti bisa disikapi oleh para pihak, kami menunggu para penggugat untuk melakukan upaya hukum, dan kami pasti akan menanggapi juga dengan upaya hukum", ucap Pinos.

Baca Juga