Majukan Nilam di Abdya, Akmal Gandeng ARC Unsyiah

kolase photo : Majukan Ekonomi Rakyat, Akmal Ibrahim Terus Promosikan Sektor Unggulan Pertanian Abdya

AKURATNEWS | Bupati Aceh Barat Daya Akmal Ibrahim, SH terus mempromosikan berbagai sektor unggulan pertanian yang terdapat di Abdya, diantaranya budidaya tanaman nilam, Sabtu (17/10/2020).

Keseriusan Akmal untuk mendongkrak perekonomian masyarakatnya ini, salah satunya ditunjukan melalui tawaran kerjasama Pemkab Abdya dengan Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh, pada Jumat (16/10) kemarin.

Akmal mengatakan Abdya memiliki banyak sektor unggulan pertanian, salah satunya nilam. Bagi masyarakat Abdya nilam bukan sesuatu yang baru. Para petani sudah lama bertanam nilam dan kandungan minyak yang dihasilkan dari nilam Abdya memiliki kualitas baik.

Ketua ARC Unsyiah Dr. Syaifullah Muhammad menyampaikan, ARC menyambut baik atas tawaran Pemkab Abdya. Dengan produk turunan Atsiri, seperti nilam, pala, dan serai wangi, ARC akan melakukan transfer teknologi kepada masyarakat Abdya.

“Kami sangat senang jika ada Pimpinan daerah yang ingin bekerja sama. Dengan begitu, kami dapat membantu menggerakkan perekonomian masyarakat. Terutama di tengah-tengah pandemi Covid-19,” kata Saifullah sebagaimana dilansir dari laman Rmol, Jumat (16/10).

Saifullah menandaskan, ARC akan mendukung para petani Abdya membudidayakan nilam yang baik guna menghasilkan minyak yang berkualitas. Di samping itu ARC juga akan membantu masyarakat Abdya mengembangkan produk minyak pala untuk dibuat menjadi balsem berkualitas tinggi.

Penulis:

Baca Juga