Malam Anugerah Kepemudaan 2019: Sidoarjo Resmi jadi Kabupaten Layak Pemuda

Bupati Saiful Ilah (berkopyah), didampingi Kepala Disporapar, Joko Supriyadi (kiri bupati) dan Kepala DPMPTSP, Ari Suryono (2 dari kanan) serta Anggota DPRD Jatim, Achmad Amir Aslichin (jongkok pegang penghargaan) bersama jajaran dan organisasi kepemudaan Sidoarjo seusai acara "Malam Anugerah Kepemudaan 2019" di Jakarta. (foto istimewa)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Untuk memotivasi anak muda agar selalu berkarya nyata, membawa perubahan, melakukan perbaikan diri dan lingkungannya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mempersembahkan penghargaan kepemudaan berbagai kategori.

Hal itu disampaikan Menpora, Zainuddin Amali saat membuka puncak acara peringatan 91 tahun Hari Sumpah Pemuda bertajuk "Malam Anugerah Kepemudaan 2019" yang digelar di Jakarta Concert Hall Inews (JCHI), Jakarta, Senin malam (28/10/2019).

"Banyak kita temukan anak muda luar biasa di seantero Nusantara, bahkan di pelosok daerah terpencil dengan minimnya fasilitas, Kemenpora berkomitmen melayani dan mengapresiasi mereka," katanya di depan ratusan bupati dan walikota se-Indonesia.

Dalam malam penganugerahan itu, Sidoarjo dinobatkan sebagai "Kabupaten Layak Pemuda kategori Utama" bersama sembilan daerah lainnya dengan kategori Pratama dan Madya. Menpora Zainuddin Amali menyerahkan penghargaan tersebut kepada Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah.

Seusai acara, Bupati Saiful Ilah, didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sidoarjo yang juga Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Sidoarjo, H. Ari Suryono dan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sidoarjo, Joko Supriyadi mengungkapkan, penghargaan Kemenpora yang diterimanya itu, bukan tanpa alasan, ini karena Sidoarjo dinilai memberi ruang dan melibatkan peran serta pemuda dalam pembangunan.

"Menurut penilaian Kemenpora, Sidoarjo merupakan salah satu daerah yang memajukan kegiatan kepemudaan dalam pembangunan dan memberikan peran kepada pemuda sebagai penggerak pembangunan daerah. Berkat penghargaan ini, Sidoarjo jadi barometer memajukan kegiatan kepemudaan dalam pembangunan daerah di Provinsi Jawa Timur," ujarnya.

Hal senada juga dikemukakan Kepala DPMPTSP, Ari Suryono, penghargaan Kemenpora itu wujud sinergitas Pemkab Sidoarjo dengan pemuda dalam pembangunan di Sidoarjo.

"Prestasi ini harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi. MPI dan KNPI Sidoarjo siap mendukung setiap program-program Pemkab Sidoarjo yang  berorientasi pada kreativitas pemuda," tandasnya.

Selanjutnya, Kepala Disporapar, Joko Supriyadi menjelaskan, Kabupaten Sidoarjo menerima penghargaan ini, karena memenuhi sejumlah indikator meliputi regulasi yang menangani kepemudaan berupa perda kepemudaan, alokasi anggaran untuk menunjang program kepemudaan, partisipasi anak muda dalam aparatur sipil di daerahnya, penyediaan sarana dan prasarana bagi pemuda, dan pendekatan partisipasi pemuda serta indeks pemudanya.

"Tim verifikasi Kabupaten Layak Pemuda dari Kemenpora RI telah melakukan kunjungan lapangan di Kabupaten Sidoarjo Agustus  2019 lalu untuk melihat sinergitas antara Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dengan organisasi kepemudaan yang ada di Sidoarjo," ucapnya. (*)

Baca Juga