Mantan Kapolsek Pasirwangi Diperiksa Bawaslu

Mantan Kapolsek Pasir Wangi, Garut AKP Sulman Ajiz.(Kiri) Foto: Merdeka.com

Garut, Akuratnews.com – Mantan Kapolsek Pasirwangi, Ajun Komisaris Polisi Sulman Aziz, akhirnya diperiksa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Garut terkait dugaan institusi polri tidak netral.

Seperti diketahui, Sulman sebelumnya mengeluarkan pernyataan tentang Kapolres yang memerintahkan dirinya untuk menggalang dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf.

Namun, sehari setelah pernyataannya itu, Sulman meralat mengaku salah paham saja dengan perintah Kapolres.

Komisioner Bawaslu Bidang Penindakan, Asep Nurjaman, mengungkapkan, pihaknya sementara melakukan tahapan investigasi untuk mengklarifikasi keterangan Sulman terkait tidak netralnya institusi Polri dalam pemilu di Kabupaten Garut ini.

“Ini mengklarifikasi saja,” ujar Asep di Kantor Bawaslu Garut, Kamis, (4/04/2019).

Pemeriksaan Sulman dilakukan di kantor Bawaslu di Jalan Pramuka, Kecamatan Garut Kota. Sulman datang didampingi sejumlah pejabat Polda Jawa Barat.

Sebelumnya Sulman membuat pengakuan bahwa Kapolres Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengarahkan bawahannya untuk mendukung salah satu calon presiden.

Belakangan Sulman mencabut pernyataannya soal tidak netralnya Polres Garut. Salman mengaku pernyataan tersebut karena tidak puas atas mutasi yang dilakukan kepada dirinya. Meski begitu, pengakuan Sulman tidak menghalangi Bawaslu untuk memeriksa Sulman.

Menurut Asep, pemeriksaan ini akan menjadi bahan kajian Bawaslu dalam menentukan langkah selanjutnya. Hasil pemeriksaan sekarang akan dibawa ke rapat pleno Bawaslu. “Diharapkan dalam satu pekan ini sudah ada kesimpulan atas pernyataan beliau di media massa beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Hasil pemeriksaan hari ini, menurut Asep, akan menentu investigasi Bawaslu selanjutnya. Apakah akan melakukan pemanggilan terhadap para Kapolsek lainnya atau tidak. Hingga berita ini ditulis pemeriksaan terhadap Sulman masih berlangsung.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga