Machi Achmad Dampingi Hingga Hirup Udara Bebas

Mantan Suami Dina Lorenza Gahtan Saleh Hilabi Jalani Rehab

AKURATNEWS - Di vonis tujuh bulan, mantan suami Dina Lorenza, Gahtan Saleh Hilabi sudah dapat menghirup udara bebas. Gahtan dibekuk polisi lantaran kepemilikan narkoba di wilayah Wanayasa, Purwakarta, Rabu (3/2) lalu.

"Gahtan Saleh Hilabi berdasarkan Putusan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Purwakarta tertanggal 18 Agustus 2021 resmi menerima dan bersedia melaksanakan putusan tersebut secara sukarela dan menurut saya sudah cukup memenuhi rasa keadilan", ujar kuasa hukum Gahtan, Machi Achmad, Minggu (19/9).

Dijelaskannya, adapun putusan tersebut pada pokoknya berisi perintah bagi Jaksa Penuntut Umum (JPU) selaku pelaksana Putusan Pengadilan agar memasukan Gathan ke Panti Rehabilitasi Narkoba Yayasan Pemulihan Natura Indonesia di Bandung.

Lanjutnya, vonis selama tujuh bulan dikurangkan dari masa tahanan yang telah dijalani Gahtan. Sehingga dengan perhitungan tersebut maka Gahtan akan bebas pada 3 September 2021

Machi mengatakan bahwa penjara bukanlah tempat yang tepat untuk pengguna penyalahgunaan narkoba.

"Semoga ke depannya kejadian ini tidak terulang lagi dan perlu diketahui bahwa tindak pidana yang melibatkan seorang penyalahguna narkoba itu dalam kacamata kriminologi tidak hanya sebagai pelaku saja, tapi korban juga (victimless crime), sehingga tepat apabila ditempatkan di Panti Rehab, bukan di penjara," terang Machi.

Ia pun mengajak semua pihak menghindari penyalahgunaan narkoba dan mendukung Polri, BNN dan instansi lainya didalam pemberantasan narkoba dengan cara membina penyalahgunanya, dan bukan memidanakannya.

"Mempidanakan mereka justru akan semakin kontraproduktif dengan tujuan pembinaan," pungkas Machi.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga