oleh

Ma’ruf Amin Tegaskan Tidak Bermain Politik Identitas

Jakarta, Akuratnews.com – Beberapa waktu lalu, Ketum Partai Demokrat (PD), Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyinggung soal politik identitas dan SARA. Karena itu calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin menegaskan kubunya tidak bermain politik identitas.

Ma’ruf mengatakan, sebetulnya tidak ada politik identitas saat ini. Karena itu seharusnya yang terjadi adalah adu gagasan dan program, bukan melakukan politik identitas dalam mendapatkan dukungan dari masyarakat.

“Kita kan sudah sepakat tidak membawa politik identitas pendekatannya. Ya nggak tahu (pasangan) yang lain, tapi dari kita, tidak,” ujarnya di Jakarta, Senin (12/11/2018).

“Pendekatan konsep bagaimana membangun ke depan, nggak ada identitas,” tambahnya.

Sebelumnya, SBY menyebut ada perubahan politik Indonesia sejak Pilkada DKI Jakarta tahun lalu. Perubahan itu ditandai mengemukanya politik identitas dan SARA.

“Politik Indonesia tanpa kita sadari sejak tahun 2017 telah berubah, sejak berlangsungnya Pilkada Jakarta 2017 lalu. Saya berani mengatakan bahwa politik kita telah berubah. Apa yang berubah? Yang berubah adalah makin mengemukanya politik identitas atau politik SARA dan politik yang sangat dipengaruhi oleh ideologi dan paham,” terangnya. (Yud)

Komentar

News Feed