Menata Sidoarjo Lebih Baik

Mas Kelana Akan Berdayakan Masyarakat Miskin

Sidoarjo, Akuratnews.com - Padahal, di Sidoarjo banyak berdiri perusahaan besar, pusat perbelanjaan megah, hotel berbintang, restoran dan cafe mewah, pertokoan swalayan, UMKM dan home industri, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Namun, kondisi tersebut nampaknya bertolak belakang dengan nasib ratusan ribu masyarakat Sidoarjo yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Menurut data, jumlah masyarakat Sidoarjo yang miskin terhitung 135 ribu lebih, tersebar di 18 kecamatan.

Bila demikian, berarti selama ini pemerintah daerah tidak serius dalam pengentasan masalah kemiskinan. Tentu, hal ini sungguh memprihatinkan.

Melihat kenyataan itu, bakal calon Bupati Sidoarjo 2021-2026 dari PDI-P dan PAN, H. Kelana Aprilianto, akrab disapa Mas Kelana ini mengungkapkan, apabila kelak masyarakat menaruh kepercayaan kepadanya untuk mengemban sebagai bupati, guna menata Sidoarjo lima tahun menjadi lebih baik, dia akan berupaya memberdayakan mereka, agar kehidupannya berubah.

Pemberdayaan seperti apa yang bakal dilakukan Mas Kelana itu? Akuratnews.com menguraikannya sekilas dalam tulisan seri ke-23 ini.

Dikemukakan Mas Kelana, awal dia akan mendata ulang jumlah masyarakat yang terkategori miskin di 18 kecamatan se-Sidoarjo.

"Setelah terdata secara kongkrit, lalu mereka kita kumpulkan, untuk mengetahui kemampuan atau keahlian yang dimilikinya. Jika, tak punya keahlian, ya tetap kita dorong, agar mereka mau. Terpenting, ada kemauan ingin berubah. Lalu, kita berikan arahan, pelatihan ketrampilan dan fasilitasi mereka," jelas pria yang berjiwa entrepreneur ini.

Selain itu, sambung Mas Kelana, dia juga akan membangun galeri di 18 kecamatan, yakni bangunan yang diperuntukkan memajang hasil karya mereka dalam bentuk apapun.

"Galeri yang dibangun itu, kita kelola secara profesional, bukan asal-asalan. Sehingga, mereka yang kita berdayakan bisa menerima dan menikmati hasilnya. Kehidupan mereka pun lambat laun mengalami perubahan," terangnya. (Bersambung)

Penulis: Redaksi

Baca Juga