Menata Sidoarjo Lebih Baik

Mas Kelana Bangun Infrastruktur Sesuai Aspirasi Masyarakat

Sidoarjo, Akuratnews.com - Menata Sidoarjo tentu tak dapat dipisahkan dari pembangunan infrastruktur. Terlebih, keberadaan infrastruktur ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, guna memperlancar segala aktivitas mereka, baik di bidang sosial maupun ekonomi.

Hal itu sebagaimana dikemukakan bakal calon Bupati Sidoarjo 2021-2026 dari PDI-P dan PAN, H. Kelana Aprilianto, akrab disapa Mas Kelana ini dalam pemikirannya menata Sidoarjo lima tahun ke depan menjadi lebih baik.

"Sepengetahuan saya, pembangunan infrastruktur di Sidoarjo sudah baik, tapi kenapa masyarakat masih mengeluhkannya? Karena itu, jika nanti masyarakat Sidoarjo menaruh kepercayaan kepada saya untuk mengemban amanah sebagai bupati, saya berupaya membangun infrastruktur sesuai aspirasi mereka," kata Mas Kelana pada Akuratnews.com belum lama ini.

Nah, sejauh mana pemikiran Mas Kelana terkait pembangunan infrastruktur di Sidoarjo? Akuratnews.com menyajikannya dalam tulisan seri ke-16 ini.

Mas Kelana mengungkapkan, infrastruktur itu fasilitas publik berupa fisik dan non-fisik sebagai pemenuhan terhadap kebutuhan dasar masyarakat, guna menunjang kelancaran kegiatan sosial dan ekonomi.

Yang perlu diperhatikan, ketika akan membangun infrastruktur, sepatutnya mendengarkan aspirasi masyarakat, lalu dikaji untuk menentukan skala prioritas, kemudian dibuat perencanaan dan diajukan ke DPRD guna mendapatkan persetujuan, baru direalisasikan.

"Jangan sampai memaksakan kehendak, berdalih ini proyek darurat atau mendesak, bla bla bla, tanpa ngajak bicara masyarakat. Tahu-tahu proyek dikerjakan, di tengah jalan mengundang persoalan," ujarnya.

Sebenarnya, sambung Mas Kelana, pembangunan infrastruktur disesuaikan dengan perkembangan zaman, situasi dan kondisi wilayah, serta tingkat kebutuhan masyarakat.

"Terpenting, tidak melanggar tata ruang yang sudah ditetapkan. Semisal, ada yang perlu dievaluasi dari tata ruang ini, karena dinilai tak sesuai, ya dibicarakan, lantas disosialisasikan pada masyarakat. Intinya, pembenahan atau pembangunan infrastruktur itu jawaban solusi dari aspirasi masyarakat. Jadi, keberadaan infrastruktur ini benar-benar membawa manfaat bagi masyarakat," tandas pria berjiwa entrepreneur terbilang sukses ini. (Bersambung)

Baca Juga