Gelaran Pesta Demokrasi Rakyat 2020 di Sidoarjo

Mas Kelana Berharap Pilkades Serentak dan Pilkada Berjalan Sukses

Sidoarjo, Akuratnews.com - Pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan digelar di 174 desa se-Kabupaten Sidoarjo pada 20 September 2020 mendatang, diharapkan berlangsung demokratis dan kondusif, tanpa diwarnai kecurangan atau kendala apapun yang mengundang terjadinya konflik.

Juga, kesemua calon kepala desa (cakades) hendaknya bersikap 'sportif'. Yakni, cakades yang belum beruntung mau menerima kenyataan dengan lapang dada, serta tak segan menyampaikan ucapan selamat kepada cakades terpilih.

Tak kalah pentingnya, oleh karena pelaksanaan pilkades di tengah pandemi Covid-19, maka aturan protokol kesehatan harus dipatuhi, guna mencegah sebaran virus Corona.

Pesan itu dikemukakan bakal calon Bupati Sidoarjo 2021-2024 dari PDI-P dan PAN, H. Kelana Aprilianto, akrab disapa Mas Kelana belum lama ini.

"Ya, saya berpesan beberapa hal tersebut, karena saya menilai, apabila pelaksanaan pilkades 20 September 2020 sukses, berarti penyelenggaraan pilkada (pemilihan kepala daerah) 9 Desember 2020 pun sukses," katanya.

Nah, apa makna di balik pesan Mas Kelana yang berharap baik gelaran pilkades maupun pilkada dapat berjalan sukses? Akuratnews.com mengetengahkannya sepintas dalam tulisan seri ke-51 ini.

Mas Kelana menuturkan, keberhasilan gelaran kegiatan apapun itu berawal dari bawah dalam lingkup terbatas. Kemudian, keberhasilan ini digunakan sebagai cermin gelaran kegiatan lebih besar yang cakupannya luas.

"Ya, saat pilkades terlaksana sukses, tentu pilkada bisa terselenggara sukses pula," ujarnya.

Ditambahkan, pilkades dan pilkada itu pesta demokrasi rakyat, yakni dari, oleh dan untuk rakyat.

"Maka itu, pihak penyelenggara sepatutnya bisa menciptakan suasana pesta demokrasi ini benar-benar menggembirakan masyarakat, bukan mencekam atau menakutkan, apalagi mengorbankan mereka. Beri keleluasaan masyarakat untuk menentukan pilihan pemimpinnya, jangan sampai ada intimidasi atau teror apapun dari pihak manapun," tandasnya. (Bersambung)

Baca Juga