Menata Sidoarjo Lebih Baik

Mas Kelana Berkomitmen Permudah Perizinan

Sidoarjo, Akuratnews.com - Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di depan para kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia setahun lalu, pernah mengatakan, "Ngurus izin, kalau bisa dipermudah, kenapa dipersulit. Apalagi sampai melewati puluhan meja, lalu tiga-empat bulan baru kelar. Padahal, urusan izin ini bisa diselesaikan tiga jam saja. Mengapa kita lebih senang bikin orang susah?"

Apa yang disampaikan Presiden Jokowi tersebut tak jauh beda dengan pemikiran bakal calon Bupati Sidoarjo 2021-2026 dari PDI-P dan PAN, H. Kelana Aprilianto, akrab disapa Mas Kelana ini.

Mas Kelana, pun menuturkan hal serupa mengenai perizinan, apabila masyarakat Sidoarjo kelak menaruh kepercayaan padanya untuk mengemban amanah sebagai bupati, guna menata Sidoarjo lima tahun ke depan menjadi lebih baik.

Apa penuturan Mas Kelana mengenai pemikirannya tentang perizinan itu? Dalam seri ke-15 ini, Akuratnews.com menguraikannya.

Mas Kelana menegaskan, dia berkomitmen untuk mempermudah segala urusan layanan publik di Kabupaten Sidoarjo. Termasuk, soal perizinan.

"Demi terciptanya iklim investasi yang kondusif, saya berkomitmen mempermudah urusan perizinan. Bersih, tanpa pungli atau korupsi," tandas pria berkepribadian tangguh ini.

Dijelaskan Mas Kelana, menciptakan iklim investasi yang kondusif itu, bukan hanya dipengaruhi faktor ekonomi, yaitu suku bunga, inflasi, PDB, upah minimum dan nilai tukar. Namun, juga faktor non-ekonomi, diantaranya, masalah perizinan, kestabilan politik, penegakan hukum, pertanahan, tingkat kriminalitas, komitmen pemerintahan, perbankan, perpajakan dan infrastruktur.

"Nah, iklim investasi yang kondusif ini sangat diharapkan masyarakat, investor, pelaku usaha dan pemerintah. Semakin kondusif, terlebih izin dipermudah, saya yakin banyak investor tertarik menanamkan modalnya di Sidoarjo. Nantinya, masyarakat pun merasakan dampaknya, yakni perekonomian lancar, lapangan kerja terbuka luas dan Sidoarjo kian berkembang," pungkas pengusaha berbagai bidang usaha terbilang sukses ini. (Bersambung)

Baca Juga