Menuju Sidoarjo Lebih Baik

Mas Kelana: Waspada OTG Covid-19, Jalankan Aturan Protkes

Sidoarjo, Akuratnews.com - Dilansir dari laman BNPB, sebagaimana diungkapkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, Juni 2020 lalu, pertambahan kasus Covid-19 didominasi pasien yang tidak mengalami sakit apapun atau orang tanpa gejala (OTG).

"Hampir 80 persen kasus positif Covid-19 yang ditemukan, sejauh ini berasal dari orang yang tidak memiliki gejala sama sekali," katanya.

Hal itu membuktikan, jika OTG juga menjadi ancaman penyebaran Covid-19 yang tidak bisa dianggap sepele.

Tidak seperti sebelumnya, tulisan seri ke-22 ini, Akuratnews.com justru mengetengahkan pesan dari bakal calon Bupati Sidoarjo 2021-2026 dari PDI-P dan PAN, H. Kelana Aprilianto, akrab disapa Mas Kelana, berkaitan dengan masalah OTG Covid-19.

Mas Kelana menuturkan, berdasarkan penjelasan seorang profesor epidemiologi, tak ada beda kasus Covid-19 yang bergejala dan pra-gejala, ternyata orang yang tidak bergejala pun dapat menularkan virus dengan berbagai cara. Termasuk, melalui meludah, bersin dan batuk.

"Infeksi juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan orang lain atau dengan mencemari permukaan atau benda. Semisal, diajak orang berbicara. Saat orang bicara, tanpa disadari mengeluarkan percikan. Rupanya, percikan itu mengandung virus, lalu mengena wajah kita, bagian mulut, hidung atau mata. Kemudian, kita mengusap bagian tersebut, maka kita tertular. Begitu seterusnya," terangnya.

Oleh karena itu, Mas Kelana mengingatkan, agar masyarakat Sidoarjo tidak hanyut dalam uforia masa transisi new normal dan tetap waspada bahaya OTG.

Bagaimana caranya?

"Saya sarankan, lindungi diri kita dari sebaran virus corona, sesuai aturan protokol kesehatan (protkes). Diantaranya, sering cuci tangan dengan sabun dan air, pakai masker di ruang publik, bila memungkinkan jaga jarak dengan orang lain, terutama jika orang tersebut bersin atau batuk, serta hindari menyentuh wajah sebelum tangan dicuci," ujarnya. (Bersambung)

Baca Juga