Masa Pandemi Bukan Jadi Halangan Besarkan Balita dan Startup

Co-Founder & COO Travelio, Christie Tjong.

Jakarta, Akuratnews.com - Co-Founder & COO Travelio, Christie Tjong, yang juga merupakan Ibu dari dua anak, berhasil menggalang US$18 juta di pendanaan Seri-B November lalu. Pendanaan dipimpin oleh Temasek Holding melalui Pavilion Capital - dan dilakukan tepat sebelum terjadinya pandemi COVID-19.

Hingga saat ini, jumlah pengusaha perempuan tergolong lebih sedikit dibandingkan dengan pengusaha pria. Salah satu penyebabnya terletak pada keterbatasan akses terhadap modal. Menurut riset Crunchbase (2019), dari seluruh total pendanaan startup, hanya kurang dari 3% nya berhasil digalang oleh Co-Founders berjenis kelamin perempuan.

Menurut Christie, “Membesarkan startup itu hampir mirip seperti menyuapi balita, harus diawasi setiap menitnya.” Namun demikian, ia berhasil membuktikan kemampuannya dalam ‘menyuapi’ high-growth startup dan kedua balitanya di saat yang bersamaan.

Travelio adalah startup penyewaan apartemen terbesar Indonesia yang memegang lebih dari 5.000 kontrak manajemen eksklusif, dengan aset kelolaan di atas US$350 juta. Di bulan Mei 2020, Travelio meluncurkan layanan tambahan e-groceries - TravelioMart, menyediakan ratusan produk segar & FMCG dari petani, produsen, dan importir untuk kebutuhan para penyewa apartemen sekaligus seluruh penduduk Jakarta tanpa harus keluar rumah.

Pada awalnya, TravelioMart ingin dihadirkan sebagai layanan komplementer untuk para penyewa apartemen. Ide ini sudah muncul sejak akhir 2019, namun pandemi memberikan momentum yang tepat untuk bisnis e-groceries - sehingga TravelioMart segera diluncurkan.

“Saat pandemi global melanda, masyarakat kembali memprioritaskan kebutuhan dasarnya. Makanan jelas adalah kebutuhan dasar, dan kami sadar akan kekuatan digitalisasi-supply chain kami, maka kami cepat bertindak. Layanan TravelioMart akhirnya tersedia, bukan hanya untuk para penyewa apartemen saja - namun sesuai kapabilitas kami yaitu dapat menyasar ke target audiens yang lebih luas,” kata Christie.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga