Masa Pandemi Gizi Jadi Tantangan, Rumah Bunda Sehat Lanjut Edukasi Kesehatan Ibu Anak

Dinas Kesehatan Kota Bekasi drg. Okta Mutiara Marlina, M. Kes.

Jakarta, Akuratnews.com – Di tengah kondisi pandemi, permasalahan gizi masih menjadi tantangan tersendiri bagi keluarga, terutama pemenuhan gizi ibu dan anak dalam pencegahan stunting. Untuk kembali mengingatkan pentingnya cegah stunting, Rumah Bunda Sehat (RBS), komunitas penggiat kesehatan masyarakat ibu dan anak, bersama Danone Indonesia dan Human Initiative menggelar webinar edukasi bertajuk “Menjaga Ibu dan Anak Tetap Sehat dan Bugar” yang dihadiri oleh lebih dari 500 ibu di Bekasi secara virtual.

Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia dalam sambutannya menyatakan, sejalan dengan visi One Planet One Health, pihaknya percaya bahwa pencegahan stunting perlu dilakukan dengan menjaga kesehatan manusia maupun lingkungannya.

"Melalui berbagai produk nutrisi dan hidrasi maupun program berkelanjutan, Danone Indonesia berkomitmen untuk berkontribusi pada target pemerintah untuk menurunkan tingkat stunting hingga 14% pada 2024. Salah satu caranya adalah dengan mendukung kesehatan ibu dan anak melalui kerjasama dengan Rumah Bunda Seha," ujarnya, Rabu 7 Juli 2021.

Terkait pencegahan stunting, banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan ibu dan anak. Salah satu yang adalah pola asuh dalam keluarga, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan anak, yang terdiri dari 270 hari saat masih berada di dalam kandungan, dan 730 hari setelah anak lahir.

Safrina Salim, SKM, M.Kes, Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak BKKBN Pusat, menyampaikan bahwa keluarga memiliki peran penting dalam kegiatan pencegahan maupun penanganan stunting.

“Pengasuhan memiliki tiga tujuan utama, yaitu memastikan bahwa anak dalam kondisi sehat dan aman, menyiapkan anak untuk menjadi pribadi yang produktif di masa depan, serta mewariskan nilai-nilai budaya. Kualitas hubungan orang tua dan anak dapat menentukan perkembangan anak yang sehat, cerdas, dan berkarakter," katanya.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga