Masa Pandemi Univ. Budi Luhur Donasi Peningkatan Akses Informasi Online Masyarakat di Masjid Jami Al Ikhwan

Ketua Tim PKM Univ. Budi Luhur Gunawan Pria
Instruktur Tim PKM Univ. Budi Luhur Basuki Hari Prasetyo, memberikan bimbingan cara pengoperasian Aplikasi Informasi kepada pengurus Masjid Jami Al Ikhwan di wilayah Tangerang Selatan. Aplikasi ini sendiri merupakan hasil karya dari Ketua Tim PKM Univ. Budi Luhur Gunawan Pria Utama.

Tangsel, Akuratnews.com - Masa Pandemi Covid-19 menjadi masa-masa penuh hikmah. Bagaimana tidak, masa ini menjadi masa ujian bagi anak bangsa. Mengetuk kepedulian antar sesama bagi meteka yang mampu dan memiliki kekurangan.

Jika melihat di awal pandemi Covid-19, banyak kelompok masyarakat yang memberikan donasi kepada Rumah Sakit, dan tim medis sebagai garda terdepan yang menangani Covid-19. Pejuang keluarga yang menjadi tulang punggung keluarga juga garda terdepan bagi keluarga.

Mereka hanya berpikir bagaimana bisa mencukupi kebutuhan keluarga hari ini. Besok bisa dipikirkan lagi. Pejuang keluarga adalah kelompok masyarakat yang dekat dengan sekitar kita. Mereka adalah tetangga kita. Masyarakat di tengah-tengah kita.

Salah satu Masjid di sekitar Perumahan Pegawai Perum Peruri Kelurahan Pisangan Ciputat Timur Tangerang Selatan yakni Masjid Jami Al-Ikhwan, peduli terhadap masyarakat sekitarnya. Kepedulian ini mendorong masyarakat untuk mendukung aksi nyata yang dilakukan oleh Masjid Jami Al-Ikhwan. Kesulitannya untuk mencatat donasi masyarakat tidak menyurutkan niat pihak Masjid Jami Al-Ikhwan untuk menyalurkan donasi ke masyarakat yang membutuhkan.

Melihat hal tersebut yang menjadi kebutuhan Masjid, Univ. Budi Luhur peduli akan kesulitan yang dialami. Bersama dengan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur memberi solusi dengan mendonasikan sistem informasi berbasis web untuk Masjid Jami Al-Ikhwan.

Perwakilan dari TPM FTI UBL Gunawan Pria Utama menjelaskan, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat hadir memberikan penjelasan sederhana tentang penggunaan sistem informasi itu. Hal ini tentu akan membantu kinerja puhak masjid dalam mengumpulkan dana sekaligus memberikan laporan secara terbuka, yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat baik donatur maupun Jama,ah masjid.

"Sistem informasi online ini diberikan dengan tujuan agar pihak Masjid Jami Al-Ikhwan dapat meningkatkan kualitas diri dan kualitas akses informasi secara online sehingga donasi dapat tercatat dengan baik dan dapat didistribusikan ke masyarakat yang membutuhkan secara tepat guna. Pelatihan dan pendampingan kepada pihak Masjid Jami Al-Ikhwan dilakukan secara bertahap dan sesegara mungkin," papar Gunawan melalui pesan elektronik, Selasa (1/9).

Lebih jauh dia menjelaskan, Program aplikasi menjadi harapan Masjid Jami Al-Ikhwan untuk dapat dibuat online berbasis web. Sistem informasi online ini diberikan sebagai wujud kepedulian agar semakin banyak penerima donasi merasakan manfaatnya.

"Ini juga sebagai salah satu bentuk rasa terima kasih kepada pihak Masjid Jami Al-Ikhwan yang terus peduli dengan masyarakat sekitar khususnya pejuang keluarga yang terdampak pandemi Covid-19," jelasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum’at pagi tanggal 28 Agustus 2020, diikuti dengan antusiasme tinggi. Tak kurang tiga pengurus masjid, mengikuti bimbingan demi bimbingan yang diberikan pihak PKM FTI UBL dalam pengoperasian sistem informasi tersebut.

Penjelasan yang sangat sederhana membuat pemahaman para pengurus begitu mudah menyerap step by step apa yang harus dilakukan dalam sistem tersebut.

"Penjelasannya sangat sederhana dan mudah dipahami. Kami sangat berterima kasih dan bergembira karena pemberian ini. Kami berharap kedepannya bisa ada kegiatan seperti ini lagi. Terima kasih Universitas Budi Luhur. Generasi cerdas berbudi luhur," ungkap Ketua Masjid Jami Al Ikhwan H. Lamri.

Berfungsi Sebagai Sarana Pemantauan

Gunawan mengatakan, solusi yang diberikan untuk menolong pihak Masjid dalam menerima donasi masyarakat Masjid Jami Al-Ikhwan saat pandemi Covid-19 adalah memberi pelatihan dan pendampingan bagaimana menggunakan system aplikasi dengan mudah mengenai pertama, cara mendata dengan mudah donasi yang telah diterima Kedua, cara mendistribusikan donasi dengan mudah dan Ketiga, cara mendapatkan informasi terkini mengenai donasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Akses Informasi Online Donasi Masyarakat Masjid Jami Al-Ikhwan merupakan aplikasi Sistem berbasis Web yang berfungsi sebagai sarana untuk melakukan pemantauan informasi dan transaksi pemberian donasi dan penyaluran donasi serta dapat menyajikan laporan informasi donasi yang diberikan masyarakat Masjid Jami Al-Ikhwan," terangnya.

Sebagai informasi, Web Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pencatatan donasi masyarakat di sekitar Masjid Jami Al-Ikhwan dan pendistribusiannya. Tools yang digunakan: Platform PHP 7 dengan Frame work CI dan database Maria DB, sehingga pengguna cukup menjalankan Aplikasi dari Browser yang ada di Laptop, Tablet atau Smart Phone. Di mana Tim PKM Univ. Budi Luhur terdiri dari Diketuai oleh Gunawan Pria Utama, M.Kom, Basuki Hari Prasetyo, M.Kom ( Anggota), dan Imelda (Anggota) serta satu mahasiswa Wahyu Desena.

Penulis:

Baca Juga