Masih Ada Bangunan Sekolah Tak Layak Di Aceh Utara

Bangunan sekolah yang memprihatinkan dan tidak layak di Aceh Utara, Senin (21/01). (Iqbal/Akuratnews)
Bangunan sekolah yang memprihatinkan dan tidak layak di Aceh Utara, Senin (21/01). (Iqbal/Akuratnews)

Aceh Utara, Akuratnews.com - Ayi Jufridar meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Utara harus mendata semua sekolah tak layak pakai untuk kegiatan belajar mengajar. Karena menurutnya kondisi tersebut sangat miris dan memprihatinkan.



“Dinas Pendidikan Aceh Utara tidak reaktif terhadap pemberitaan media mengenai kondisi sekolah tak layak untuk proses belajar mengajar,” kata Ayi Jufridar kepada Akuratnews.com Senin (21/01).

Ia menyebutkan, dinas terkait harusnya menginventarisir berbagai masalah terkait dengan hadirnya sekolah tak layak tersebut di Aceh Utara. Apakah karena tidak ada sekolah terdekat, sehingga beberapa lembaga berinisiatif membangun sekolah swasta meski kondisinya darurat, atau ada sebab lain.

“Apapun persoalannya, dinas pendidikan harus membantu agar sarana dan prasarana sekolah yang tidak layak,” jelasnya.

Menyelesaikan masalah sarana pendidikan, tambahnya lagi, memang tidak bisa serta merta butuh waktu dan perencanaan panjang. Namun, bila sampai lima tahun masih ada sekolah tak layak di lokasi sama, wajar saja publik bertanya-tanya apa yang dilakukan pemerintah daerah.

“Apabila Pemkab Aceh Utara dan dinas terkait sudah memiliki data lengkap serta menginventarisir semua persoalan, pemerintah bisa mengambil langkah strategis jangka panjang untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Termasuk sarananya karena itu berkaitan dengan kenyamanan dan keamanan proses belajar mengajar,” jelasnya. (IQBAL)

Penulis:

Baca Juga