Panduan Terbaru WHO

Masker Bukan Pengganti Jarak Fisik

Jenewa, Akuratnews.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan panduan terbaru penggunaan masker untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19).

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menegaskan bahwa penggunaan masker saja tidak bisa melindungi seseorang dari Covid-19.

"Cara ini hanya boleh dilakukan sebagai bagian dari strategi komprehensif dalam memerangi Covid-19. Masker saja tidak akan melindungi Anda," kata Tedros dikutip dari laman resmi WHO, Minggu (7/6).

"Masker bukan pengganti jaga jarak fisik, kebersihan tangan dan tindakan kesehatan masyarakat lainnya," imbuhnya.

Dalam panduan terbarunya, WHO masih meminta agar orang yang sakit dengan gejala Covid-19 harus tetap di rumah dan harus berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan.

Bagi mereka yang berkontak dengan pasien positif COVID-19 juga harus dikarantina.

"Jika benar-benar perlu orang sakit atau kontak meninggalkan rumah, mereka harus mengenakan masker medis," kata Tedros.

Hal yang tidak berubah lainnya adalah saran agar orang yang merawat pasien terinfeksi di rumah harus menggunakan masker medis saat mereka berada di ruangan yang sama dengan orang sakit.

"Dan WHO terus menyarankan agar petugas kesehatan menggunakan masker medis dan peralatan pelindung lainnya ketika berhadapan dengan pasien Covid-19 yang dicurigai atau dikonfirmasi," ujarnya.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga