Masuk Sebagai Kandidat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Baru, Mengapa Jokowi Begitu Andalkan Ahok?

Basuki Tjahaja Purnama

Jakarta, Akuratnews.com - Pada September 2014 lalu, Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID), Jajat Nurjaman memberikan prediksi terkait karier politik Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang menariknya benar-benar menjadi kenyataan. Saat itu, Jajat menanggapi sikap Ahok yang justru memilih keluar dari Partai Gerindra sebagai penanda bahwa karier politiknya akan berakhir pada 2017.

Terbukti, 2017 menjadi saksi bisu bagaimana Ahok mendapatkan hempasan hebat dalam karier politiknya, yang bahkan harus membuatnya mendekam di penjara selama dua tahun.

Setelah keluar dari penjara pada 2019 lalu, menariknya Ahok mengulangi pernyataan Jajat dengan menyebutkan bahwa karier politiknya telah berakhir karena ia tidak mungkin lagi dapat mengisi posisi jabatan publik.

Akan tetapi, alih-alih kariernya meredup, sosok yang belakangan ingin dipanggil sebagai BTP tersebut justru mendapatkan hujanan tawaran jabatan dari pemerintah. Tidak cukup ditunjuk sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina, kini nama Ahok bahkan masuk dalam empat calon Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara Baru.

Konteksnya menjadi semakin menarik karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang justru mengumumkan nama-nama tersebut. Sontak saja berbagai pihak langsung memberikan tanggapan sembari menyimpulkan bahwa itu menjadi indikasi kuat dekatnya hubungan sang presiden dengan Ahok.

Itu misalnya dikemukakan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon dalam akun twitter pribadinya yang menyebutkan bahwa Presiden Jokowi “memang percaya dan sayang” kepada Ahok.

Tidak hanya itu, masuknya nama Ahok juga kembali menyulut aksi sejumlah Alumni 212 yang tergabung dalam Mujahid 212 yang secara terbuka menyerukan penolakan jika mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut dipilih menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara Baru.

Konteks akan adanya penolakan dari Mujahid 212 ataupun tudingan miring dari berbagai pihak tentu mudah diprediksi akan berdatangan.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Redaksi

Baca Juga