Masuk Tiga Besar Capres, Ridwan Kamil Tokoh Jabar yang Menasional

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil

Mereka diwawancarai via telepon secara acak di berbagai daerah di Indonesia. Margin of error ±2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Kang Emil bersaing ketat dengan Prabowo dan Ganjar Pranowo,” kata Hendri saat menggelar jumpa press di salah satu rumah makan, di Kota Bogor, Senin (11/10/2021).

Hal ini membuat bangga warga Jawa Barat. Pemimpin daerahnya mendapat respons sangat baik dari responden nusantara.

Mampu menyandingkan nama dengan tokoh sekaliber Prabowo Subianto, kontestan Pilpres 2014 dan 2019, sekaligus Ketum Partai Gerindra.

“Tentu saja warga Jawa Barat bangga, Kang Emil masuk tiga besar capres potensial 2024. Masyarakat merindukan ada tokoh Jawa Barat yang bisa menjadi figur nasional,” ujar pengamat politik dari Universitas Padjajaran (Unpad), Firman Manan SIP MA.

Apalagi, lanjut Firman, saat ini rakyat Indonesia membutuhkan figur alternatif dari kalangan muda, yang menunjukkan kinerja nyata, sehingga mampu memimpin lebih baik ke depan. “Saya pikir, Kang Emil merepresentasikan itu,” tegasnya.

Nama Ridwan Kamil dalam survei tersebut juga mampu membayangi Ganjar Pranowo, yang notabene elit PDI Perjuangan.

Namun kans Ganjar maju sebagai capres, belum menyala terang. “Sebab Ketua DPR RI, Puan Maharani, yang merupakan trah Soekarno, juga sedang ancang-ancang menuju kompetisi Pilpres 2024,” tutur Hendri.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Denis

Baca Juga