Masyarakat Anti Fitnah Safari Partai Berantas Hoaks

Dedy Helsyanto. Foto: Yusuf Tirtayasa/Akuratnews.com
Dedy Helsyanto. Foto: Yusuf Tirtayasa/Akuratnews.com

Jakarta, Akuratnews.com - Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) gencar berupaya membantu keberlangsungan politik tanpa fitnah dan hoaks. Salah satu upaya yang dilakukan MAFINDO jelang Pemilu 2019 ini yaitu melakukan kunjungan ke sejumlah partai politik.

Hari ini, giliran DPP Nasdem yang menerima kunjungan MAFINDO setelah pekan lalu DPP PDIP yang disambangi. Anggota MAFINDO, Dedy Helsyanto mengatakan pihaknya akan mengunjungi semua Parpol untuk bekerjasama dengan tim komunikasi atau tim media sosial masing-masing dalam memberantas hoaks.

"Kita akan sharing hoaks-hoaks apa yang muncul, lalu turunan dari hoaks itu seperti apa," ujarnya di Kantor DPP Nasdem, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/10/2018).

Mekanisme yang akan diterapkan dengan mengajak tim masing-masing Parpol untuk masuk ke beberapa grup media sosial MAFINDO. Ketika Parpol tersebut mendapatkan informasi atau artikel diduga hoaks khususnya yang merugikan dari media sosial, diharapkan dapat segera melakukan klarifikasi.

"Partai berperan aktif untuk memberikan klarifikasi. Kita akan memberitahukan langkah-langkah untuk klarifikasi, misalkan baca judulnya, mengidentifikasi fotonya," kata Dedy.

Data yang diperoleh pihaknya, sampai saat ini ranah politik masih paling banyak dengan dibumbui isu SARA. Dedy menuturkan MAFINDO akan berinisiatif masuk ke grup-grup di media sosial maupun Whatsapp untuk kemudian menelah sumber informasi yang ada.

"Ketika kita sudah melakukan pengecekan fakta dengan sumber-sumber kredibel, bisa dipertanggungjawabkan, akan kita sebarkan di media sosial kita," pungkas Dedy. (Ysf)

Penulis:

Baca Juga