Masyarakat Desa Apar Batu Tuntut 3 Poin Kepada PT.PAMT dan PT.BNJM

Mediasi antara warga masyarakat desa Apar Batu dan PT.Putra Asyano Mutiara Timur (PAMT) serta PT.Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJM) yang dilaksanakan di aula kantor Camat Awang
Mediasi antara warga masyarakat desa Apar Batu dan PT.Putra Asyano Mutiara Timur (PAMT) serta PT.Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJM) yang dilaksanakan di aula kantor Camat Awang

Tamiang Layang, Akuratnews.com - Warga masyarakat desa Apar Batu Kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur (Bartim) lakukan mediasi dan menuntut 3 poin agar bisa dipenuhi kepada PT. Putra Asiano Mutiara Timur (PAMT) Jobsite Dusun Tange Landa, Kecamatan Paku Kabupaten Bartim dan PT. Bangun Nusantara Jaya Makmur (BNJM) Jobsite Desa Lalap dalam aktivitasnya yang akan melintas di wilayah desa Apar Batu.

3 poin tuntutan warga masyarakat desa Apar terkait kegiatan operasional penambangan batubara yang melintasi desanya yakni :

1. Masyarakat desa Apar Batu meminta kejelasan terkait perusahaan yang beroperasi melintasi desanya.

2. Masyarakat desa Apar Batu meminta di pekerjakan di perusahaan yang melintasi desa, baik skill maupun non skill dalam perekrutan tenaga kerja

3. Memfungsikan pos security  dan jalur lintas di wilayah desa Apar Batu

Mediasi yang dihadiri oleh Camat Awang, Bintara Tinggi Tata Urusan Dalam (Bati Tuud) beserta anggota Komando Rayon Militer (Koramil) 04 Awang, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) dan Kepala Unit (Kanit) Resimen Kriminal (Reskrim) Polsek Awang, Kepala Desa, ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta warga masyarakat desa Apar Batu, yang dilaksakanakan di aula kantor kecamatan Awang Kabupaten Barito Timur Provinsi Kalimantan Tengah. Selasa (13/10/2020).

Untuk poin yang nomor 1, Mudah-mudahan kita bisa segera melakukan menambahan pit dan bisa bekerja 2 shif kemudian bisa cepat menjual batunya PAMT, bisa segera hauling dan bisa memberikan kontribusilah kepada saudara-saudara kita semua, dan poin yang nomor 2, tenaga kerja untuk saat ini dari deaa Apar Batu berjumlah 13 orang tenaga kerja, sedangkan kita bekerja sebagai kontraktor PAMT disitu, untuk masyarakat desa Tange Landa itu berjumalah 10 orang tenaga kerja, mudah-mudahan bapak-bapak sekalian mengerti posisi kita", papar perwakilan PT.BNJM Nurhadi.

Pada kesempatan itu, bagian Hubungan Masyarakat (Humas) PT. PAMT Eko Adi Wibowo mengatakan",  Kita tetap merespon dengan baik apa yang dimediasikan hari ini, kedepannya agar lebih baik dan bisa bekerja sama dengan masyarakat, kita di bagian humas ini membantu masyarakat dan menampung keluhan dan permintaan masyarakat secara emosional kedekatan pribadi kita kepada masyarakat", jelasnya.

PAMT memang sudah operasional 1 pit saja, namun belum maksimal dan belum bisa menerima banyak karyawan, jadi permintaan lebih dari itu belum bisa dipenuhi, namun ada beberapa yang kita tampung dan kita realisasikan, seperti dikatakan pihak kontraktor PT.BNJM tadi ada ada 13 orang warga desa Apar Batu, 10 orang warga dusun Tange Landa termasuk desa induknya Kalamus dan untuk dusun Gunung Karasik jalur lintasnya masih belum", ucap Eko.

Ditemui terpisah, Kepala desa Apar Batu berharap," Pihak perusahaan bisa bekerja sama dengan pemerintah desa Apar Batu dan bisa memberi lapangan pekerjaan buat masyarakat desa Apar Batu dan sekitarnya, untuk hasil mediasi ini bahwa perusahaan siap merekrut karyawan menunggu aktivitas hauling berjalan, dan untuk sementara ini pihak perusahaan hanya bisa menerima karyawan hanya 2 orang saja", pungkas Saptoso.

Baca Juga