Masyarakat Diimbau Berhati-hati di Era Digitalisasi Media

AKURATNEWS - Teknologi digital yang berbasis pada budaya sosial masyarakat modern saat ini cenderung lebih mengutamakan alat teknologi sebagai alat komunikasi yang paling ideal, super cepat sesuai dengan perubahan jaman.

Tetapi di sisi lain, kebiasaan itu justru menyebabkan adanya perubahan konvergensi tatanan hukum atau sistem hukum yang mengupdate tuntutan itu guna untuk menyesuaikan perkembangan globalisasi secara dinamis.

Dengan hadirnya dunia siber atau dunia digital ini, masyarakat kini diimbau berhati-hati dalam menggunakannya.

Hal inilah yang dibahas dalam webinar Etika Pelajar di Dunia Digital' baru-baru ini. Di sesi pertama, Ketua Relawan TIK, Muhajir Sulthonul Aziz selaku narasumber memaparkan, dalam dunia digital, semua pihak harus berhati-hati dalam menggunakannya.

"Kita harus menjaga data pribadi kita, data pribadi adalah data tentang kehidupan seseorang baik yang teridentifikasi dan atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasikan dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan atau non elektronik,” paparnya.

Dikatakannya, data pribadi harus dilindungi karena sifatnya yang personal dan mengandung banyak privasi yang tidak orang lain harus ketahui.

"Kejahatan yang terjadi di dunia ini selain pada dunia nyata juga terjadi pada dunia digital. Dengan adanya webinar ini, diharapkan masyarakat lebih mengetahui apa itu dunia siber dan kejahatan yang ada di dalamnya," pungkas Muhajir.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga