Material Proyek Stadion Merpati Depok Timpa Atap Bangunan SD Negeri

Depok, Akuratnews.com- Pekerjaan proyek rehabilitasi Stadion Merpati jadi sorotan publik akibat pelaksanan kerja tahap pembongkaran tembok stadion berdampak pada rusaknya sebagian atap bagunan SDN Depok Baru 5, pada Jumat,(16/8/2019)

Pihak Prmkot Depok melalui Dinas Tata Ruang Permukiman (Disrumkim) membenarkan kejadian tersebut. Pihak Disrumkim menyatakan bangunan SDN yang tertimpa pekerjaan proyek Stadion Merpati kini telah selesai ditangani.

"Kejadianya hari Jumat,(16/8/2019) dan pada satu hari berselang, (Sabtu, 17/8/2019), kerusakan atap sekolah sudah langsung selesai diperbaiki dan bisa difungsikan secara normal", ucap Kepala Disrumkim Kota Depok, Dudi Mi'raz Imaduddin kepada akuratnews.com, Senin,(19/8/2019).

Dirinya menuturkan, saat mendapat informasi kejadian tersebut, pihaknya langsung perintahkan kontraktor proyek untuk segera lakukan perbaikan. Tenggat waktu perbaikanya ditarget 2×24 jam kerja.

"Setelah dilakukan koordinasi internal dan memastikan semua langkah diambil sesuai rencana dan target, alhamdulillah atap sekolah yang rusak bisa langsung diperbaiki dan difungsikan normal", jelas Dudi.

Sementara, Kepala Tata Bangunan, Suwandi menjelaskan jarak sekolah dengan bangunan stadion yang dilakukan rehabilitasi sangat dekat, saat dilakukan proses pembongkaran bangunan lama stadion, jatuhnya puing bongkaran bangunan akhirnya menimpa atap sekolah.

"Jarak antara stadion dengan SD sangat dekat, hanya kurang dari 1 meter. Karena kejatuhan puing bangunan, atap yang rusak juga tidak banyak dan proses perbaikanya hanya butuhkan waktu setengah hari kerja sudah beres", ujar Suwandi.

Kegiatan rehabilitasi tersebut, lanjutnya bernilai Rp.8.750 miliar. Kegiatan ini akan difokuskan pada kegiatan dibagian tribun selatan dan bagian depan stadion yaitu lahan parkir.

Atas kejadian tersebut, pihak Disrumkim meminta maaf kepada masyarakat. Lebih dari itu, teguran terhadap pihak kontraktor dan konsultan pengawas Stadion Merpati telah dilakukan pihak Disrumkim.

"Pada seluruh masyarakat kami minta maaf atas insiden tersebut. Setelah dilakukan langkah teguran pada pihak kontraktor dan pengawas kerja lapangan, kami juga akan lebih ketat dalam lakukan pemantauan kerja lapangan dan evaluasi sehingga kejadian serupa tidak kembali terulang" pukas Kadisrumkim Depok.

Informasi yang didapat, kejadian tersebut dikabarkan tidak menimbulkan korban luka terhadap para murid di SDN Depok Baru 5 kecuali atap sekolah yang rusak akibat tertimpa material bangunan Stadion Merpati yang dilakukan pembongkaraan tembok bagian tribun utara stadion.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Redaksi

Baca Juga