Mau Balik Lagi ke Jakarta? Tunggu Hingga 7 Juni

Jakarta, Akuratnews.com - Usai Lebaran tahun ini, Pemprov DKI Jakarta memberlakukan kebijakan wajib memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) ke Jakarta.

Kebijakan ini berlaku hingga 7 Juni 2020. Pemudik yang tidak memiliki SIKM baru bisa kembali ke Jakarta pada tanggal tersebut.

Aturan ini dibuat Pemprov DKI Jakarta mengikuti ketentuan Surat Edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 5 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

"Sesuai Surat Edaran Ketua Gugus Tugas Nasional Nomor 5 Tahun 2020," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, Kamis (28/5).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga pernah menyampaikan, operasi pemeriksaan SIKM akan dilakukan hingga 7 Juni mendatang.

"Operasi (pengecekan SIKM) ini akan dituntaskan sampai tanggal 7 Juni. Kalau PSBB (berlaku) sampai tanggal 4 Juni, tapi operasinya sampai tanggal 7 Juni," ujar Anies di sela-sela peninjauan arus balik Lebaran 2020 di Km 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/5).

Namun, gugus tugas masih akan melihat realisasi di lapangan. Jika kasus penularan DKI Jakarta bisa menurun, maka pembukaan jalur keluar masuk Jakarta akan dilakukan sesuai aturan.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga