Mau Tahu Perusahaan Inovatif yang Sukses di Pandemi, Ini Daftarnya

AKURATNEWS - Pandemi covid-19 yang berlangsung dua tahun terakhir telah membawa banyak perubahan dalam dunia bisnis. Didorong perkembangan teknologi digital yang semakin cepat dan adopsi teknologi digital yang semakin masif, perusahaan dan brand dituntut inovatif dalam memanfaatkan teknologi digital dalam aktivitas bisnisnya, mulai dari branding, marketing, hingga selling.

Mengutip pernyataan Stephen Robbins (Profesor, Universitas Arizona), inovasi adalah gagasan baru yang diterapkan untuk memprakarsai atau memperbaharui suatu produk atau proses dan jasa. Karena itu, inovasi menjadi jawaban akan kebutuhan dan permasalahan masyarakat, sehingga meningkatkan permintaan terhadap sebuah produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia sekaligus pengamat dan peneliti brand di Indonesia mengungkapkan, dalam menghadapi tantangan pandemi diperlukan berpikir kritis dan kreatif untuk dapat bertahan, bersaing dan menjawab semua tantangan dan persoalan yang melanda seluruh sektor terutama ekonomi.

Menurutnya inovasi menjadi kunci untuk bisa beradaptasi dan menghadapi perubahan dalam setiap zaman.

“Inovasi menjadi salah satu kunci untuk bisa beradaptasi dan menghadapi perubahan di setiap zaman. Inovasi adalah ruh dari sebuah bisnis. Jadi bisa dikatakan berinovasi atau mati,” ujar Tri Raharjo.

Dalam kondisi tersebut, tidak mengherankan jika perusahaan dan brand berlomba-lomba untuk menghadirkan produk dan layanan yang lebih baik. Bahkan tidak sedikit pula perusahaan atau brand yang menciptakan inovasi yang pertama di kategori produk atau jasanya, inovasi sebagai yang pertama ini diyakini akan mampu mendongkrak penjualan atau menjadi market leader di kategorinya.

Pada akhirnya, Inovasi yang diterima oleh market merupakan sebuah jawaban atas kebutuhan konsumen dan market. Di sinilah peran research & business development perusahaan benar-benar diuji. Bagaimana tim melakukan pengumpulan data awal, menganalisa market, dan menciptakan inovasi-inovasi berdasarkan data yang diterima.

Oleh karena itu, lanjut Tri Raharjo, perusahaan atau brand yang berhasil merealisasikan ide, gagasan pembaharuan atas produk atau jasanya sangat layak untuk diberikan apresiasi. Untuk itu, TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan INFOBRAND.ID, menghadirkan penghargaan Top Innovation Choice Award 2021 dan penghargaan Pertama Di Indonesia.

Top Innovation Choice Award merupakan penghargaan bergengsi di bidang inovasi yang dianugerahkan TRAS N CO Indonesia dan INFOBRAND.ID kepada perusahaan/brand atas keberhasilan mereka menciptakan inovasi atas produk atau layanan.

Untuk menentukan peraih Top Innovation Choice Award 2021, TRAS N CO Indonesia melakukan riset dan seleksi awal kepada lebih dari 300 perusahaan/brand di Indonesia. Riset dilakukan dengan metode desk research melalui media monitoring, social media monitoring, market place monitoring dan product profile baik berupa video, berita (artikel) dan foto. Riset dan seleksi awal serta penjurian dilakukan berdasarkan 3 aspek penilaian, yaitu; Innovation Idea Aspect, Innovation Advantage Aspect, dan Innovation Differentation Aspect.

Sedangkan penghargaan Pertama di Indonesia, merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan kepada Perusahaan atau Brand atas prestasi inovasi dan karya yang berhasil diciptakan guna meningkatkan daya jual produk/jasa perusahaan dan menjadi pioneer di kategorinya sebagai peraih predikat yang “Pertama Di Indonesia”.

Peraih penghargaan Pertama di Indonesia, ditentukan berdasarkan hasil riset dan pendaftaran dengan pendekatan metodologi penilaian yaitu: The First Aspect, Evidence Aspect dan Validation Aspect.

“Melalui dua penghargaan tersebut, diharapkan perusahaan dan brand terus berinovasi untuk berkembang dan memenangkan persaingan di industrinya. Dengan keterbukaan informasi yang begitu masif saat ini, Inovasi menjadi salah satu kunci utama sebuah brand untuk dikenal, dipilih dan direkomendasikan kembali oleh konsumen yang semakin selektif dalam memilih produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan,” ungkap Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND GROUP.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga