oleh

Medan Banjir Akibat Hujan Semalaman

Medan, Akuratnews.com – Hujan deras semalaman yang melanda kota Medan dan sekitarnya sejak Sabtu (15/9/2018) sore hingga Minggu (16/9/2018) pagi sekitar pukul 07.45 Wib menyebabkan banjir diberbagai lokasi.

Situasi tersebut membuat masyarakat menjadi panik tidak saja di jalan raya namun di pemukiman penduduk juga mengalami hal yang sama. Tak hanya itu, ratusan keluarga juga terpaksa mengungsi. Beberapa sungai yang mengalir di tengah kota Medan sep2rti sungai Bqbura dan sungai Deli meluap hingga menggenangi ratusan rumah warga.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan beberapa lokasi banjir melanda kawasan antara lain Jalam T.Amir Hamzah, Jalan Adam Malik. Dikawasan ini terjadi kemacetan akibat air menggenangi jalan dan rumah penduduk setempat. Genangan air terjadi di sejumlah jalan di Medan, seperti di Jalan Gatot Subroto, Jalan Karya Kasih, Jalan Karya Dharma, Jalan Titi Papan, Jalan Patimura dan Jalan Monginsidi, dan Jalan Dr Mansyur. Jalan Jamin Ginting dan kawasan Padang Bulan.

Sementara suasana di kawasan Jalan Mongonsidi tepatnya didaerah Jalan Starban pagi tadi terlihat genangan air setinggi satu meter lebih ini mengharuskan warga yang ada diloksi tersebut untuk mengungsi. Warga yang mengungsi dibantu oleh Basarnas dan tim gabungan menggunakan perahu menjemput warga yang terjebak banjir dirumah masing – masing karena terlihat arus kencang air disekitaran aliran sungai Babura.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi , bersama Dandim 0201/Bukit Barisan Letkol Inf Yuda Ramansyah , Kapolrestabes Medan Komber Dadang Hartanto, didampingi  Kadis Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan dan sejumlah pejabat Pemko Medan meninjau sejumlah titik genangan air maupun banjir yang terjadi di Kota Medan, Minggu (116/9/2018) pagi. Sebelumnya Sabtu (15/9/2019) malam Walikota juga meninjau langsung kebeberapa lokasi banjir.

Peninjauan dilakukan Wali Kota di kawasan Jalan Imam Bonjol dan Jalan  Sudirman menjadi lokasi pertama yang ditinjau Wali Kota. Pasalnya, kedua jalan itu selama ini jarang  digenangi air sekalipun hujan deras turun. Namun kali ini kedua jalan di inti Kota Medan itu tergenang air akibat hujan deras yang turun sejak petang. Juga ke kawasan Padang Bulan dan perumahan TNI dikawasan tersebut.

Dalam peninjuan Wali Kota terjun langsung bersama rombongan dalam genangan air banjir dan langsung memerintahkan Kadis PU agar segera menurunkankan peralatan beserta petugasnya untuk mengatasi lubang inlet tersumbat maupun drainase yang mengalami sendimentasi tersebut. (HSP)

Komentar

News Feed