Melalui Penyuluh, Bupati ASA Dorong Petani Mandiri di Sinjai

Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) saat berdialog dengan petugas penyuluh pertanian se-Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS
Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) saat berdialog dengan petugas penyuluh pertanian se-Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. /Ashari/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) melakukan tatap muka dengan puluhan petugas penyuluh pertanian dibawah yang bertugas di delapan kecamatan (minus Kecamatan Pulau Sembilan).

Pertemuan yang digelar secara sederhana dengan penuh kekeluargaan itu berlangsung di Pendopo Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Sinjai, Sulawesi Selatan, Jumat sore (4/6/2021)

Bupati ASA yang didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan Sinjai, Kamaruddin, menyampaikan hal yang sangat penting dalam mensukseskan program pemerintah, khususnya visi misi Pemkab Sinjai di bidang pertanian.

Salah satunya bagaimana upaya yang dilakukan petugas penyuluhan pertanian di lapangan dalam meningkatkan produktivitas pertanian dalam mendukung swasembada pangan di Sulsel hingga melahirkan petani yang sukses dan mandiri.

"Seluruh kegiatan ataupun program di dinas pertanian dalam mensejahterakan masyarakat khususnya petani kita, ini sangat membutuhkan bantuan penyuluh untuk disukseskan," ucap Bupati ASA dihadapan para penyuluh.

Dia juga membeberkan peran petugas penyuluh pertanian yang memiliki kemampuan berkoordinasi dan berkonsultasi langsung dengan petani.

Selain itu, bagaimana petugas penyuluh pertanian mampu memberikan informasi dan pendampingan hingga mendorong petani menjadi petani mandiri.

"Nah ini yang perlu betul-betul disinergikan, sehingga apa yang kita harapkan dengan petani kita bisa tercapai. Hasil produktivitas kita setiap tahun meningkat," jelasnya.

Sementara Kamaruddin, menyampaikan jumlah petugas penyuluh pertanian yang ada saat ini sebanyak 56 orang, yang tersebar di delapan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

Tidak hanya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), petugas penyuluh pertanian kata Kamaruddin juga ada yang berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hingga Tenaga Lepas Harian (THL).

Tatap muka ini diakhiri dengan pemasangan baju lapangan petugas penyuluh pertanian secara simbolis oleh Bupati ASA kepada perwakilan petugas penyuluh pertanian di Kabupaten Sinjai.***

Penulis: Ashari

Baca Juga