Memasuki Era Endemi Covid-19, Siapkah Indonesia?

AKURATNEWS - Kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah mulai membaik, terutama dikarenakan cakupan vaksinasi yang mulai meluas. Pemerintah pun tengah bersiap untuk merencanakan persiapan untuk beralih dari era pandemi ke masa endemi.

Hal tersebut diungkapkan oleh Agus Suprapto, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Dia mengatakan, apabila kasus Covid-19 semakin menurun, pandemi bisa segera berubah status menjadi endemi. Agus juga menekankan bahwa saat ini, semua pihak harus terus membangun suasana yang optimis.

Menurutnya, ekonomi dapat pulih dan tumbuh di atas 5% pada tahun 2022 asalkan angka kasus terus turun, gelombang ketiga tidak terjadi, dan situasi tetap terkendali seperti saat ini.

Meskipun belum ada waktu pasti kapan pandemi Covid-19 bisa berubah menjadi endemi, Agus menekankan bahwa semua orang harus mempersiapkan semua hal dari sekarang.

Pasalnya, memasuki masa transisi Covid-19 dari pandemi menjadi endemi, harus ada persiapan perlindungan masyarakat dari hulu ke hilir. Setidaknya, lanjut Agus, ada tiga tahapan pandemi Covid-19 menuju endemi.

Tahapan menuju endemi

Pertama, tahap persiapan yang harus memperkuat sistem preventif. Tahapan ini mencakup penguatan perilaku masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), vaksinasi yang telah mencapai 70%, serta perluasan testing, tracing, dan treatment (3T) oleh petugas yang kompeten.

Menurut Agus, memasuki bulan November dan Desember 2021, terdapat kemungkinan menurunnya imunitas warga yang mendapatkan vaksinasi pada awal tahun ini.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Azril

Baca Juga