Membedakan Efikasi dan Keamanan Vaksin

Jakarta, Akuratnews.com – Banyaknya pendangan masyarakat tentang faktor keamanan dan efikasi vaksin Sinovac yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai vaksin wajib kadang membuat masyarakat menjadi bingung akan keamanan yang ada dalam vaksin tersebut. Perlu adanya penjelasan bagaimana sebuah vaksin itu baik digunakan.

Guru Besar Farmakologi dan Farmasi Klinik Universitas Gadjah Mada Prof. Apt. Zullies Ikawati, PhD menjelaskan efikasi adalah kemampuan untuk mencegah kejadian infeksi.

"Efikasi 65 persen adalah kemampuan vaksin untuk mengurangi kejadian infeksi sebesar 65 persen. Gampangnya jika tidak pakai vaksin ada 100 orang akan terinfeksi, maka jika pakai vaksin, yang terinfeksi hanya 35 orang, yang itu berarti menurun sebanyak 65 persen," kata Zullies saat dihubungi, Jumat (15/1/2020).

Sedangkan keamanan adalah terkait dengan berapa banyak efek samping yang disebabkan oleh vaksin. Semakin sedikit berarti semakin aman.

"Jadi itu tidak ada hubungan langsung. Sangat boleh jadi, suatu vaksin dengan efikasi tinggi, tetapi keamanannya rendah karena banyak menyebabkan efek samping. Atau sebaliknya, efikasinya sedang, tapi keamanannya tinggi," ucapnya.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga