Destinasi Wisata

Mengintip Aksi Komunitas Seniman & Pecinta Alam di Situ Patinggi

"Moment ini untuk menyelamatkan, mempertahankan, menjaga Situ Patinggi dari kerusakan bahkan hilangnya salah satu aset pemerintah dari keserakahan pengembang,"

Depok, Akuratnews.com - Lokasi alam terbuka di Situ Patinggi, Tapos, Kota Depok, dipilih sebagai tempat untuk mengkampanyekan hastag 'Lestari Situ Patinggi' (#Lespati) dan mengelar aksi seni dari komunitas seniman dan para pecinta kelestarian alam di Depok pada akhir Maret 2019 kemarin.

Acara yang digelar Komunitas Pecinta Situ Depok (KPSD) ini turut melibatkan sejumlah komunitas lain seperti, Masyarakat Peduli Pelestarian Pohon (MP3), Mapala Depok, DPC Petani Depok, Jaker, DMC Asli, Depok Jurnalis Club, Forward, ACDB, Trash Hero.

"Moment ini untuk menyelamatkan, mempertahankan, menjaga Situ Patinggi dari kerusakan bahkan hilangnya salah satu aset pemerintah dari keserakahan pengembang," kata pengagas acara kampanye #Lespati Torben Rando Oroh, Senin (1/4/2019).

Dirinya menilai, situ miliki fungsi yang sangat fital bagi daerah resapan air dan salah satu pencegah, pengendalian bahaya banjir yang tidak hanya bagi Kota Depok saja.

"Fungsi situ juga mampu menjaga terjadinya banjir di wilayah lain seperti Ibukota Jakarta," ujar penyair Depok, Rando.

Sementara itu, Ketua KPSD, Pardi Dongkal menuturkan giat yang dilakukan bersama sejumlah komunitas untuk kampanyekan #Lespati juga dihadiri sejumlah komunitas lainnya.

"Alhamdulillah rekan-rekan dari komunitas lain, musisi dan penyair Depok mau bergabung pada moment ini. Lestari Situ Patinggi di Tapos ini merupakan suatu keharusan," ucapnya.

Pada moment kampanye hastag Lespati yang digelar Sabtu,(30/3/2019) itu juga digelar deklamasi, musikalisasi puisi bertema alam, lantunan nyanyian syair tentang alam Situ Patinggi hingga mancing bersama warga di area Situ yang sebelumnya disebar ikan Mas sebanyak 5 kwintal.

Penulis: Eko Ahdayanto

Baca Juga