Destinasi Wisata

Menikmati Kopi Khas Lereng Merapi

Yogyakarta, Akuratnews.com - Yogyakarta dari dulu dikenal sebagai tujuan wisata favorit banyak orang. Tak hanya wisata alamnya yang mengagumkan, wisata kulinernya juga bikin betah dan selalu ingin balik lagi.

Nah, kalau kamu mulai bosan dengan tempat ngopi yang itu-itu aja, mungkin kamu perlu liburan ke Yogya. Pasalnya, Kota Gudeg ini punya beberapa tempat ngopi yang lokasinya mblusuk alias terpencil, tapi menawarkan suasana dan pemandangan alam yang ciamik.

Pasca erupsi Merapi 2010 silam, sektor pariwisata Sleman justru meningkat dengan adanya Lava/Volcano Tour. Dimana para wisatawan diajak menyusuri sisa-sisa keganasan Merapi menggunakan mobil jeep ataupun motor trail. Saat menyusuri jalur tur inilah ada satu warung yang tidak boleh terlewatkan, yaitu Merapi Coffee.

Pemiliknya adalah Putra pak Basuki salah satu korban letusan Merapi 2010. Peristiwa mengerikan itu masih menyisakan trauma yang mendalam di dirinya bahkan hingga detik ini, Kehancuran harta sawah dan kebun akibat Wedus Gembel dia sulap menjadi Merapi Coffee, selama ada usaha tentu ada jalan begitu selorohnya.

Suasana di Merapi Coffee cukup sejuk. Sesekali terdengar suara jeep pembawa wisatawan lava tour dan truk pembawa pasir. Kondisi lingkungan yang gersang dan berpasir membuat debu sering berhamburan ketika kendaraan lewat. Meskipun mengganggu, namun pemilik warung tidak dapat berbuat apa-apa karena kondisi lingkungan yang sudah seperti itu sejak erupsi Merapi.

Bila cuaca sedang cerah, sembari menikmati kopi, pengunjung akan disambut dengan view gagahnya Gunung Merapi dengan jelas dari tempat ini. Merapi Coffee pun sampai sekarang masih menjadi tempat favorit singgah para wisatawan untuk beristirahat setelah berkeliling lereng Merapi.

Penulis: Redaksi

Baca Juga